post image
Ilustrasi desain kamar mandi.
KOMENTAR

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan terpenting yang harus ada di rumah. Tanpa kamar mandi, seseorang tidak bisa membersihkan diri. Dalam membangun kamar mandi pasti perlu banyak pertimbangan baik dari fungsi, furniture, sistem perairan, bahkan biaya yang dikeluarkan. Maka dari itu, sebelum membangun kamar mandi perhatikan beberapa hal berikut ini.

Fungsi Furnitur

Sebelum membangun kamar mandi, sebaiknya sesuaikan furnitur berdasarkan fungsinya. Jika kamu menjadikan kamar mandi sebagai tempat cucian sekaligus, tambahkan mesin cuci atau peralatan mencuci lain. Namun apabila hanya digunakan sebagai tempat membersihkan diri, kamu tidak memerlukan barang-barang tersebut.

Lokasi Kamar Mandi

Sebaiknya posisikan letak kamar mandi berdekatan dengan ruangan yang sering menggunakan air, seperti dapur dan tempat cuci. Hal ini berguna dalam hal efesiensi penggunaan air.

Luas dan Denah

Hal ketiga yang harus kamu perhatikan adalah luas dan denah kamar mandi. Jangan sampai kamar mandi yang terlalu luas memakan ruangan lain. Maka dari itu, buatlah sketsa denah kamar mandi meliputi banyak hal, seperti arah pintu terbuka, apakah ke dalam atau ke luar.

Jumlah Penghuni

Semakin banyak penghuni maka semakin beragam pula kebutuhan dalam menggunakan kamar mandi. Perhatikan berapa banyak wastafel yang dibutuhkan, jumlah shower, closet, atau bathub. Hal ini pun akan memengaruhi desain kamar mandi serta furniture di dalamnya.

Furniture Kamar Mandi

Selain keempat hal di atas, perabotan antara kamar mandi basah dan kering juga perlu diperhatikan. Untuk perlengkapan kamar mandi basah sebaiknya gunakan furniture yang tidak mudah rusak meski terkena air, seperti keramik, marmer, dan besi anti karat.

Pertimbangkan Luas Ruangan

Jika ruangan kamar mandi terbatas, kamu bisa mengakalinya dengan mengurangi pemasangan furniture. Gunakan pintu kamar mandi geser agar ketika pintu dibuka tidak akan menghalangi ruangan lain. Kamu juga bisa mengganti bak mandi dengan shower untuk menghemat ruangan.

Lantai dan Dinding

Dalam memilih lantai dan dinding, pilihlah material yang tahan air. Sebaiknya gunakan keramik untuk melapisi tembok dan area kamar mandi yang basah, hindari pengaplikasian cat tembok biasa. Untuk kamar mandi kering, kamu bisa menambahkan elemen dekoratif dengan menambahkan wallpaper cantik.

Budget

Jika ketujuh hal di atas sudah dipertimbangkan, langkah selanjutnya adalah sesuaikan dengan budget. Pastikan dana yang dikeluarkan tidak melebihi budget.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup