post image
Ilustrasi home office./Pixabay/Anrita
KOMENTAR

Bekerja dengan status pekerja lepas atau freelancer yang memiliki waktu kerja lebih fleksibel memang tampak sangat menyenangkan. Tidak perlu pergi ke kantor, tidak perlu terjebak macet di pagi dan sore hari, bisa makan siang dengan tenang, dan bisa bekerja di mana saja adalah beberapa keuntungannya.

Meski demikian, freelancer juga harus berhadapan dengan berbagai tantangan, yang jika tidak diatasi dengan tepat, bisa menimbulkan masalah. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan oleh freelancer. Berikut adalah 5 tips bagi freelancer agar tetap bisa bekerja dengan sehat.

Stay connected untuk mengusir sepi

Freelancer kerap melakoni pekerjaannya sendirian. Bekerja sendiri tanpa sadar akan membuat seseorang mengisolasi dirinya hingga muncul perasaan kesepian. Jika sudah berada di fase ini, produktivitas terasa sangat sulit sehingga bisa merugikan diri sendiri dan client.

Untuk mengusir perasaan kesepian, tetap terhubung dengan teman dan keluarga adalah salah satu cara yang ampuh. Bekerja di coworking space juga bisa menjadi pilihan. Kamu akan bertemu dengan banyak orang dan mungkin bisa juga membangun koneksi.

Mengetahui batasan diri

Ketika bekerja dengan tim, kamu akan memiliki rekan kerja yang bisa menjadi tempat berkeluh kesah dan meminta dorongan semangat. Namun, bagi freelancer yang bekerja sendiri, tidak ada yang bisa diandalkan sehingga kemampuan mengontrol diri sangatlah penting.

Untuk bisa mengatasi stres dari tekanan pekerjaan, pastikan kamu mengenali batas diri sendiri. Ketika kamu merasa lelah dan kewalahan, tidak ada salahnya untuk beristirahat sejenak. Mengontrol perasaan, menata kembali pikiran dan hati, akan membuatmu kembali merasa nyaman.

Membatasi jam kerja

Meski memiliki jam kerja yang fleksibel, freelancer harus membatasi waktu kerjanya. Tidak salah untuk memberitahu client bahwa kamu tidak akan membalas e-mail kerja setelah jam 7 malam. Brief atau respon yang diterima di malam hari bisa kamu balas keesokannya.  Ingat, freelancer harus pandai mengatur waktu dan kegiatan karena tali kendali ada pada dirinya sendiri.

Terapkan gaya hidup sehat

Meski bisa bekerja di mana saja dan kapan saja, freelancer harus tetap menjaga hidup sehat. Salah satunya dengan makan tepat waktu. Sebelum bekerja di pagi hari, sempatkan waktu untuk menyantap sarapan. Kemudian, ambil istirahat siang untuk makan dan santai sejenak. Mengonsumsi makanan yang bergizi pun tetap menjadi keharusan, loh.

Selain itu, menyelipkan workout di tengah-tengah waktu bekerja juga patut dicoba. Jarang berolahraga atau bahkan jarang bergerak akan memberikan dampak buruk. Coba lakukan workout yang ringan agar tubuhmu terasa segar dan tidak mudah lelah.

Sebagai freelancer, menjaga kesehatan mental dan fisik sangatlah diperlukan. Dengan menjalani ritme kerja sehat, freelancer bisa tetap produktif dan lebih maksimal dalam mengelola waktu, kegiatan, dan energi selama bekerja.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup