post image
wisata kuliner kaki lima. (Kupastuntas)
KOMENTAR

Bandung terkenal dengan wisata kulinernya yang khas. Bandung, seperti kata Walilkota kita, diciptakan barangkali ketika Tuhan sedang tersenyum. Bandung dianugerahi dengan banyak aneka olahan makanan dan semestanya yang aduhai. Salah satu anugerah tersebut adalah olahan makanan yang dijajakan dalam kuliner kaki lima, murah meriah dan tentu saja enak. 

Berikut 5 wisata kuliner kaki lima di Bandung yang direkomendasikan bila kamu ingin berkunjung ke Bandung.

Bebek Ali Boromeus

Di Jalan Hasanuddin seberang rumah sakit Santo Boromeus terdapat sebuah warung nasi bernama Bebek Ali Borromeus. Kuliner kaki lima ini sangat popular karena dengan ciamik mampu menyajikan rasa bebek yang sedap, dagingnya lunak, dan tidak amis.

Kamu cuma perlu menyiapkan uang 20 ribu rupiah untuk membawa sepiring nasi bebek. Dengan harga yang ramah di dompet, kamu sudah bisa menikmati hidangan lezat nan bergizi berupa nasi, bebek, sambal, dan lalapan.

Cuanki Serayu

Siapa yang tahu kalau cuanki adalah singkatan dari “cari uang jalan kaki”? Ya, kuliner khas yang selalu ada di setiap pertandingan Persib ini dulunya dijajakan menggunakan gerobak dorong sambil jalan kaki. Dewasa ini, beberapa pedagang cuanki berjualan dengan membuka warung kaki lima, salah satunya di kawasan Jalan Serayu yang kemudian dikenal dengan nama Cuanki Serayu.

Harga semangkuknya dimulai dari 15 ribu rupiah dan kamu akan mendapatkan semangkuk cuanki yang terdiri dari bakso, siomay, tahu, dan batagor. Eits, tapi tidak seperti cuanki lain yang kebanyakan berkuah kaldu daging sapi, Cuanki Serayu disiram dengan kuah rebusan tulang ikan yang membuatnya unik.

Batagor Hanjuang

Batagor adalah akronomisasi bakso tahu goreng. Makanan ini juga merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang menjadi menu wajib wisatawan. Batagor Hanjuang dibuat menggunakan tenggiri, sehingga cita rasanya gurih. Setelah digoreng hingga garing, batagor kemudian disajikan dengan bumbu kacang. Agar semakin sedap, batagor dan bumbu kacang juga diberi kecap manis dan perasan jeruk nipis. Kalau mau mencoba batagor yang enak dengan harga ramah dompet, kamu bisa mengunjungi Batagor Hanjuang di Jalan Astina No 17, Cicendo.

Lotek Kalipah Apo 42

Kuliner kaki lima yang satu ini menjajakan seporsi lotek berisi kol, taoge, kacang panjang, kangkung, bayam, nangka muda, lontong, dan tempe. Berbagai isian tersebut akan disiram bumbu kacang beraroma kencur. Khas Bandung banget!

Satu porsi lotek dijajakan dengan harga yang sangat berkawan dengan dompet, yakni hanya sekitar 16 ribu rupiah saja.Selain lotek, tempat ini juga menjual menu lain seperti asinan sayuran, asinan buah, rujak buah, dan gado-gado. Kalau tertarik mencoba, kamu bisa langsung datang ke Jalan Kalipah Apo No 42.

Kupat Tahu Gempol

Kupat tahu adalah kuliner khas Tasikmalaya. Walaupun demikian, Kupat Tahu Gempol telah berjualan dari tahun 1975. Kupat Tahu Gempol dikenal sebagai salah satu kuliner kaki lima legendaris di Bandung. Kuliner ini terletak di Jalan Gempol Kulon No 53, Citarum. Sebab tempat ini sangat legendaris, kamu musti datang pagi-pagi sekali bila tidak ingin mengantre hihi.

Satu porsi Kupat Tahu Gempol dijajakan dengan harga  15 ribu rupiah. Semangkuk terdiri dari potongan ketupat, tahu goreng, taoge, lalu disiram dengan bumbu kacang yang kental dan gurih. Tak hanya itu, kerupuk kuning dan taburan bawang goreng akan membuat Kupat Tahu Gempol terasa semakin sedap.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup