post image
Ilustrasi kartu kredit.
KOMENTAR

Banyak orang berpendapat bahwa berutang hanya bisa dilakukan dalam keadaan mendesak atau untuk kebutuhan produktif.

Lalu bagaimana dengan travelling? Saya punya pengalaman berbeda mengelola keuangan untuk hal itu. Bagi sebagian orang termasuk saya, travelling adalah bagian dari menjaga kesehatan mental.

Mengunjungi banyak tempat baru, mencoba makanan baru bertemu orang baru dan mendapat pengalaman baru, memberi energi baru untuk saya melakukan aktivitas di kemudian hari. Ini yang membuat saya berpendapat bahwa, berutang untuk travelling adalah berutang untuk kebutuhan produktif. Lalu bagaimana saya melakukannya?

Komponen paling penting dari travelling terutama jarak jauh, adalah tiket pesawat. Tiket pesawat bisa jadi salah satu komponen termahal dalam pengeluaran travelling. Mengumpulkan uang untuk membeli tiket pesawat bisa jadi tidak mendapat harga yang kita inginkan pada saat itu.

Biasanya, tiket dijual dengan harga murah sembilan atau sepuluh bulan sebelumnya. Sehingga ketika tabungan terkumpul, kita tetap harus mencari tanggal di mana tiket dijual dengan harga murah.

Saya biasanya akan menggunakan kartu kredit dan saya cicil setiap bulan hingga tanggal keberangkatan. Selain bisa mendapat tiket murah, saya juga sudah tidak punya tanggungan ketika pergi travelling dan bisa merasa lebih nyaman.

Selain tiket pesawat, pengeluaran lain yang bisa dibayar menggunakan kartu kredit adalah penginapan serta kartu transportasi. Beberapa negara menyediakan kartu multitrip untuk beberapa hari.  

Tips dari saya ketika menggunakan kartu kredit untuk travelling, yang pertama, pembelian tiket pulang-pergi biasanya lebih murah daripada tiket satu-arah. Dan penerbangan dengan transit juga lebih murah dibanding penerbangan langsung.

Kedua, untuk hotel, ada beberapa armada menyediakan paket dengan hotel dan ini juga jauh lebih murah, kalau saya, biasanya kurang cocok dengan hotel yang ditawarkan.

Saya memilih hotel kapsul karena biasanya hanya dipakai untuk tidur. Ini kalau sendiri atau berdua. Kalau lebih dari tiga orang, kami akan sewa satu kamar dengan kasur tambahan.

Ketiga, dan yang paling penting, cicil dengan tertib tagihan kartu kredit setiap bulannya hingga tanggal keberangkatan.

Ngga asyik dong pulang travelling yang harusnya fresh malah pusing mikir cicilan. Happy travelling!

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup