post image
Kuliah dari di masa pandemi virus corona.
KOMENTAR

Di masa pandemik COVID-19 seperti sekarang ini, tentunya banyak kegiatan yang terhambat terutama kegiatan di luar rumah seperti hal nya dalam kegiatan kuliah. Para mahasiswa tentunya dibuat panik pada awal adanya pandemik COVID-19 ini.

Hal ini karena kegiatan kuliah di kampus terhambat bahkan semua mahasiswa diwajibkan untuk kuliah dirumah yaitu melalui sistem daring. Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan melalui jaringan Internet atau secara online.

Nah, dengan demikian seluruh mahasiswa harus melakukan perkuliahan dengan metode daring yaitu secara online agar tidak ada kontak langsung antar mahasiswa, dosen, atau tenaga kependidikan. Selain itu juga menghindari kerumunan yang dapat mengakibatkan tersebarnya virus dari manusia ke manusia lainnya.

Dalam masa diberlakukannya perkuliahan secara online banyak komentar yang dilayangkan para mahasiswa baik itu positif maupun negatif. Tetapi diantara semua kometar mahasiswa mengenai sistem perkuliahan secara online ini, didominasi oleh kometar negatif yang mengeluhkan tentang sistem perkuliahan secara online. Untuk meminimalisasi keluhan para mahasiswa tersebut maka saya akan memberikan tips kuliah secara online.

Sehingga, meskipun kuliah secara online ini belum seutuhnya memberikan kenyamanan tetapi setidaknya dapat meningkatkan keefektifan dalam kegiatan belajar. Berikut adalah 5 tips kuliah secara online disaat pandemik COVID-19.

Membuat daily schedule

Daily schedule atau jadwal harian merupakan suatu functional text yang berisi daftar kegiatan, program, dan waktu kegiatan. Dalam kondisi pandemik COVID-19 ini, setiap mahasiswa diharuskan belajar secara online untuk menghindari pertemuan secara langsung. Maka dari itu pembuatan daily schedule sangat dibutuhkan bagi mahasiswa agar kegiatan sehari-hari mejadi lebih efektif dan terstruktur. Dengan dilakukannya hal tersebut maka kegiatan mahasiswa lebih terjadwal sehingga mahasiswa mudah mengetahui kegiatan apa saja yang harus dilakukan setiap hari nya.

Memasang alarm saat masuk waktu kuliah dan praktikum

Pada hal ini alarm digunakan untuk mengingatkan akan adanya kuliah atau praktikum pada waktu tertentu. Dering atau suara yang ditimbulkan dari alarm akan muncul pertanda waktu kuliah atau praktikum akan segera dimulai. Disarankan suara alarm menyala setengah jam sebelum kuliah atau praktikum dimulai, hal tersebut agar mahasiswa dapat mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan pada saat kuliah atau praktikum dimulai sehingga, saat kuliah atau praktikum dimulai mahasiswa sudah dalam keadaan siap mengikuti rangkaian kegiatannya.

Merapikan dan membersihkan ruang belajar

Ruang yang rapi dan bersih akan menciptakan suasana yang nyaman. Begitu pun dalam hal belajar pastinya keadaan yang nyaman akan menciptakan fokus belajar yang lebih tinggi. Maka dari itu membersihkan dan merapikan ruang belajar atau ruan tertentu yang akan digunakan sebagai tempat kuliah menjadi hal yang tepat untuk meningkatkan fokus belajar. Sehingga meskipun kita terpaksa harus kuliah dirumah tetapi, jika keadaan ruangan yang kita gunakan rapi dan bersih atau kita desain seperti ruangan kuliah maka kita akan semakin semangat kuliah meskipun di rumah.

Membuat catatan dengan rapi dan jelas

Catatan menjadi suatu hal yang penting dalam kuliah karena semua materi yang kita pelajari tentunya harus kita catat di buku catatan agar mudah diingat dan bisa selalu kita baca. Tetapi catatan yang tulisannya tidak rapi atau kotor tentu membuat kita tidak semangat belajar atau mencatat. Oleh karena itu catatan yang kita gunakan harus bersih dan setiap kali kita mencatat mata kuliah yang di ajarkan maka kita harus mencatatnya dengan rapi dan jelas sehingga kita akan semangat membacanya dan mempelajarinya kembali setiap waktu.

Batasi menggunakan media elektronik di luar jam kuliah

Pada masa pandemik COVID-19 seperti sekarang ini, kegiatan belajar mengajar secara langsung berubah metode nya menjadi secara online. Oleh karena itu penggunaan barang elektronik seperti handpond dan laptop meningkat. Untuk mengefektifkan penggunaan barang elektronik, maka kita sebagai mahasiswa harus membatasi waktu dalam menggunakan barang elektronik.

Utamakan penggunaan barang elektronik untuk kuliah dan kurangi penggunaan barang elektronik untuk kegiatan lain diluar kuliah seperti bermain game, media sosial dan hal lain diluar kegiatan kuliah. Sehingga hal tersebut dapat mengefektifkan waktu kita dalam mempergunakan barang elektronik juga akan menghemat kuota internet.

Itulah 5 tips kuliah secara online yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari selama masa pandemik COVID-19. Jika kita menerapkannya secara teratur maka kita dapat meminimalisir hambatan yang biasa dirasakan selama kuliah secara online dan meningkatkan keefektifan kuliah secara online.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup