post image
Foto pasca kegiatan oleh Biro Kerohanian Islam (BKI) Fikom Unpad sekitar Bulan November 2016 (Foto istimewa)
KOMENTAR

Fikom Unpad, bagi saya bukan hanya sekadar tempat mencari ilmu. Ia adalah tempat segala cerita bagi setiap orang yang pernah berada di dalamnya tanpa terkecuali. Termasuk kenangan ketika berada di Masjid Al Wushul, masjid yang berada di Fikom Unpad.

Selain melaksanakan kegiatan ibadah salat, Masjid Al Wushul juga sering digunakan banyak kegiatan lain, seperti mentoring agama Islam, mengadakan rapat, dan kadangkala menjadi tempat mahasiswa saling bertukar cerita setelah penat dengan tugas perkuliahan. Ya, bertukar cerita tentang perkuliahan yang makin hari semakin memusingkan, entah tugas yang kian menumpuk atau masalah lain.

Bukan sekadar tempat yang nyaman, tapi juga aman. Masjid Al Wushul, bisa menjadi tempat yang cukup tepat untuk mengistirahatkan beban pikiran. Tempat yang punya berbagai macam kenangan dan tak akan terlupakan.

Waktu salat zuhur dan asar

Salat zuhur dan asar adalah waktu paling ramai di Masjid Al Wushul. Hampir semua staf tenaga kependidikan di Fikom Unpad yang melaksanakan salat di sini, begitu juga dengan mahasiswa. Tak jarang saf salat meluber hingga teras masjid.

Dan setelah salat zuhur dan asar adalah waktu yang menarik. Karena selalu ada ceramah atau cerita yang disampaikan, baik oleh mahasiswa, dosen atau dari tenaga kependidikan. Ceramahnya beragam, ada yang menceritakan hal sederhana tapi tak kalah penting seperti senyum atau bersyukur hingga kisah perjalanan nabi dan rasul serta juga ilmu agama lainnya. Kadang-kadang, dosen juga ada yang bercerita mengenai pengalaman mereka ketika masih kuliah dulu.

Setiap orang menyampaikan ceramah dengan keunikannya masing-masing dan tentunya terdapat pesan kebaikan didalamnya. Menjadikan ceramah bukan semata-mata tentang menyampaikan ilmu agama saja, tapi menjadi lebih luas, yakni ilmu kehidupan dengan berbagai macam sudut pandang.

Diskusi penuh warna

Masjid Al Wushul juga menjadi tempat yang menarik bagi mahasiswa untuk berdiskusi, mengerjakan tugas dan rapat. Tempat yang cukup nyaman untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif. Saya cukup sering melakukan ketiga kegiatan tadi di sini.

Entah mengapa, ketika berada di sini saya cukup fokus untuk melakukan suatu hal. Di sini juga, saya sering menjumpai teman-teman yang berdiskusi mengenai tugas kuliah, permasalahan pribadi, diskusi tentang ilmu agama dan lain sebagainya.

Dengan diskusi, setiap orang dapat bertukar pikiran dan sedikit banyak belajar mengambil makna dari sudut pandang setiap orang. Maka, cukup penting untuk memilah-milah siapa saja orang yang tepat untuk dijadikan teman dalam berdiskusi. Dan di dalam tempat inilah, saya bertemu teman-teman tersebut.

Cinta itu ada di sini…

Ya, cinta itu ada di sini. Cinta tak hanya hadir ketika sepasang sejoli dimabuk asmara. Cinta hadir dengan berbagai macam sudut pandang, ia hadir ketika kita melaksanakan kewajiban kepada-Nya. Ia hadir ketika kita berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya, dan berjuta macam definisi cinta lainnya.

Cinta itu juga hadir ketika kita bertemu dengan teman-teman yang senantiasa mengajak kita untuk melakukan kegiatan yang positif, melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Teman-teman ini yang menjadi salah satu anugerah terindah ketika melakukan kegiatan di Masjid Al Wushul.

Terima kasih Al Wushul, telah menjadi tempat singgah yang menarik selama menempuh pendidikan di Fikom Unpad. Semoga tetap menjadi tempat yang selalu dirahmati dan dilindungi oleh-Nya. Aamiiin.

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Artikel Kampus