post image
Kamar sempit bisa terasa nyaman dengan penataan yang tepat (Foto: Pinterest)
KOMENTAR

Kamar kost yang sempit menjadi kendala bagi kalian yang memiliki banyak barang. Belum lagi kamar kost juga harus menyimpan berbagai jenis barang. Mulai dari persediaan makanan, peralatan kebersihan, peralatan memasak, dan lain-lain. Oleh sebab itu, butuh trik khusus untuk menciptakan kenyamanan dan kerapihan di kamar kost yang sempit. Inilah 5 cara mudah menata kamar kost sempit menjadi lebih rapi.

Maksimalkan Ruang di Lemari

Penataan lemari penting untuk diperhatikan. Atur penempatan pakaianmu di dalam lemari. Misal, pakaian yang sering dikenakan disimpan di rak bagian bawah atau di gantungan baju agar mudah ditemukan. Kemudian, pakaian musiman seperti jaket tebal bisa disimpan di rak atas. Dengan cara ini, lemari akan tampak lebih rapi dan memudahkanmu menemukan pakaian yang ingin digunakan.  Oh iya, jangan terlalu banyak menyimpan pakaian jika ingin lemarimu tampak rapi.

Gunakan Furnitur Portabel

Jika kamar kost terlalu sempit untuk meja belajar, kamu bisa menggunakan perabot portabel sebagai gantinya, seperti meja lipat. Selain mudah disimpan, meja lipat juga tidak memakan banyak tempat karena ukurannya yang terbilang kecil. Setelah selesai digunakan, kamu bisa menyimpan meja lipat tersebut di sisi ruangan agar lebih rapi.

Penyimpanan di Area Dinding

Salah satu cara memanfaatkan ruang di kamar kost yang sempit adalah menggunakan area dinding sebagai penyimpanan. Kamu bisa menggunakan ambalan rak atau pengait untuk menyimpan pajangan, aksesori, buku, tanaman, atau barang-barang lain. Penyimpanan di area dinding bertujuan untuk menghemat penggunaan area lantai sehingga kamar terasa lebih luas.

Rak untuk Dapur Kecil

Jika kamu termasuk anak kos yang gemar menyimpan persediaan makanan, kamu butuh tempat penyimpanan khusus. Kamu bisa menggunakan rak dorong berukuran kecil sebagai dapur mini di kamarmu. Rak semacam ini mudah disimpan di bawah ranjang sehingga penyimpanan alat makan dan persediaan makanan bisa lebih rapi dan tidak tercecer.

Perabot multifungsi

Jika ingin memaksimalkan penataan di kamar kost yang sempit, gunakan perabot multifungsi. Misal, rangka tempat tidur yang bisa juga difungsikan sebagai kabinet untuk menyimpan koleksi buku atau aksesori. Jadi, kamu tidak perlu membeli rak atau lemari penyimpanan sehingga akan menghemat penggunaan ruang di kamarmu. Perabot multifungsi yang akan digunakan pun harus disesuaikan dengan ukuran kamar, ya. Jangan sampai memilih rangka tempat tidur yang terlalu besar karena akan memakan terlalu banyak ruang.

KOMENTAR ANDA

Tips Pindah Rumah Efektif dan Anti Stress

Sebelumnya

Tips Memilih Restoran saat Travelling

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup