post image
KKN Mahasiswa Unpad (Foto: Website Unpad)
KOMENTAR

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan di tingkat universitas. Selama menjalani KKN, para mahasiswa diminta untuk secara langsung berbagi ilmu dan berbagi pengalaman dengan masyarakat. Biasanya, KKN dilaksanakan selama satu bulan di wilayah-wilayah tertentu yang sudah ditentukan oleh pihak universitas.

Akibat pandemi Covid-19, program KKN tak bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebagai ganti, KKN akan dialihkan secara virtual, sebagaimana yang akan dilaksanakan oleh Universitas Padjadjaran pada bulan Juli mendatang.

Mahasiswa program Sarjana dan Sarjana Terapan di Universitas Padjadjaran akan melaksanakan KKN virtual pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020. Metode daring ini dipilih karena kondisi yang belum memungkinkan bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan secara tatap muka, apalagi kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Dikutip dari laman resmi Unpad, Direktur Pendidikan dan Internasionalisasi Unpad, Mohamad Fahmi, mengatakan, “Inti utama dari KKN daringa dalah menumbuhkan rasa empati kepada kondisi masyarakat sekitar dan mengasah kreativitas untuk belajar mencari solusi di masa normal baru ini,”.

Terdapat dua tema KKN yang ditawarkan, yakni KKN Kemanusiaan dan KKN Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Integratif Virtual Unpad 2020. Seluruh kegiatan KKN-PPM Integratif 2020 akan dilakukan secara online. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) pun akan memberikan bimbingan kepada mahasiswa peserta KKN melalui aplikasi manajemen proyek daring.

“Dengan aplikasi ini setiap progres atau tahapan dalam proses KKN dapat dipantau dan diarahkan oleh DPL walaupuns secara jarak jauh,” ungkap Fahmi.

Sementara itu, KKN Kemanusiaan akan fokus pada pengembangan sistem pelaporan dan respons Covid-19 berbasiskan masyarakat milik Unpad. Sistem tersebut adalah Aplikasi Mawas Diri (Amari) Covid-19 yang digagas oleh Fakultas Kedokteran Unpad dan sudah diterapkan di Kabupaten Sumedang.

Menurut Fahmi, dilansir dari laman resmi Unpad, output dari KKN Kemanusiaan ini adalah model sistem respons individu dan masyarakat. Program KKN Kemanusiaan akan diikuti oleh 120 mahasiswa. Mahasiswa yang menjadi peserta program ini mungkin akan melakukan praktik di beberapa kecamatan di Sumedang karena basisnya adalah pengembangan aplikasi di masyarakat. Fahmi pun memastikan praktik lapangan KKN Kemanusiaan akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Meski KKN 2020 dilaksanakan secara virtual, Unpad rencananya tetap akan menggelar seremoni pemberangkatan KKN Virtual oleh Rektor Unpad pada 1 Juli mendatang. Laporan pelaksanaan KKN pun tetap harus dikumpulkan oleh mahasiswa di akhir kegiatan meski pelaksanaan KKN tahun ini sangat berbeda.

KOMENTAR ANDA

Peserta dan Panitia UTBK Jalani Rapid Test di Kampus Unpad, 5 Orang Dinyatakan Reaktif

Sebelumnya

5 Hal Yang Nggak Akan Dirasakan Maba Unpad 2020 Saat Prabu

Berikutnya

Artikel Kampus