post image
Menyusun Rencana Agar Selalu Produktif (Foto: greatmind.id)
KOMENTAR

Tahun 2020 menjadi tahun yang mengagetkan bagi hampir semua kalangan. Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara seperti Thailand, Vietnam, China, dan Korea juga tak kalah sama nasibnya. Hadirnya virus Corona yang kita semua sudah pahami ini, akhirnya mengharuskan kita “Para Pekerja di Luar” untuk menjalani sebuah ritual hidup baru, bekerja dari rumah!

Awalnya menyenangkan, kan? Akhirnya stay at home, juga! Bebas macet, bebas bangun pagi, bebas pulang malem, dan kebebasan lainnya yang menjadi keletihan kita sewaktu masa kerja di luar. Terlebih, bagi para pasangan suami istri dan memiliki anak, mereka lebih banyak melakukan quality time di rumah. Seru juga, nih!

Berbicara waktu, kita lama-lama menyadari kalau masa karantina ini ternyata sudah berjalan 3 bulan, bahkan ada juga yang lebih awal menjalaninya. Hal ini membuat para warga +62 jadi mulai mengeluarkan frasa ‘bosan’, ‘jenuh’, ‘mau pergi’, dan ‘kapan selesainya ini?!’

Oke! Daripada terus menerus mengalami kebosanan tingkat akut, uring-uringan, dan bingung harus melakukan apalagi. Berikut 4 tips supaya masa karantina kita masih terasa menyenangkan, siapa tau memang kita belum melakukannya.

1. Berkebun

Cara ini adalah cara yang lagi viral di laman instagram kita semua, khususnya para perempuan. Kamu tau, nggak? Ternyata berkebun semacam ini memiliki kepuasan tersendiri. Cukup kita lihat cara-cara menanam dari orang yang berpengalaman, lalu kita belajar mengikuti langkah demi langkahnya. Pastikan dahulu bahwa kamu memang sudah punya niat untuk mengurus dan menyiram tanaman itu setiap pagi! Kegiatan ini bisa jadi menyenangkan karena kita akan bertemu bibit baru dan tumbuh pelan-pelan dari umur yang masih kecil. Merawatnya juga jadi menyenangkan, layaknya kita merawat hewan peliharaan. Selain itu, rumah kamu jadi semakin cantik, deh!

2. Olahraga Yoga

Kita semua tahu bahwa olahraga sudah digaungkan sejak lama. Tetapi, kita bisa coba olahraga yang lain seperti yoga di rumah. Selain bisa mengeluarkan keringat, yoga juga cocok untuk jadi bahan meditasi kamu, loh! Alihkan kebosanan kamu dengan menenangkan pikiran sejenak. Kamu tidak perlu repot dalam mencari DVD untuk yoga, cukup buka aplikasi Youtube-mu dan mainkan! Pastikan kamu memiliki kuota nya, ya! Selamat menenangkan pikiran!

3. Membuat Jurnal Pribadi

Jika kamu termasuk orang yang suka mengumpulkan bentuk kenangan kecil semacam surat dari orang terdekat, quotes of the day, kumpulan foto-foto, atau menulis rencana. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan juga, loh! Percaya, nggak? Kalau ngejurnal pribadi semacam ini membuat rasa insecure-mu berkurang! Karena yang kamu koleksi adalah kalimat-kalimat terbaik dari orang sekitarmu, kumpulan foto bersama orang tersayang, dan menulis rencana kedepan. Bagaimana bisa kamu insecure, sedangkan begitu banyak orang yang menyayangimu dan kamu pun punya tujuan yang jelas dalam hidup. Jurnal pribadi ini akhirnya membuat kita semakin semangat menjalani hari-hari. Patut dicoba!

4. Membuka Kesempatan pada Diri Sendiri

Intensitas aktivitas memasak di era pandemi seperti ini membuat kita jadi lebih penasaran mencoba resep-resep baru, kan? Nah, coba kita kasih hasil masakan kita pada orang terdekat. Kita kirimkan masakan ini dan minta pendapatnya. Kalau jackpot ini berpihak padamu alias masakanmu enak dan oke punya, nggak ada salahnya kamu menjadikan ini sebagai ladang bisnis barumu. Hal apapun yang sekiranya mampu, maka lakukanlah! Apalagi, jika kamu bisa membuka lapangan pekerjaan pada orang lain, ladang pahala siap datang pada namamu! Ayo, karena kesempatan datang di waktu tak terduga!

Begitu kiranya 4 tips ini hadir untuk kalian. Semoga kita semua selalu berbahagia, meski masih harus di rumah aja. Keharusan untuk menetap di rumah seperti ini, semoga tidak mengubah tingkat produktivitas kita. Jika bosan itu mulai menyerang, pasang ikat kepalamu, dan lawan bosan itu dengan aktivitas yang menyenangkan!

KOMENTAR ANDA

Semua ada di Manila

Sebelumnya

Bukan Brompton, Inilah 5 Sepede Termahal di Dunia

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup