post image
Sources by Google
KOMENTAR

Episode Right Time, Right Place ini berbicara mengenai evolusi dari fotografi jurnalisme atau photojournalism. Photojournalism lahir dari sebuah kekacauan dan kejadian setelah peperangan. Orang pertama yang berjasa dalam memperkenalkan photojournalism adalah Henri Cartier-Bresson, dia adalah fotografer berkebangsaan perancis yang memulai memotret mengenai kondisi kejadian dan porak poranda dari apa yang dia lihat pada tahun 1930an. Henri Cartier-Bresson pun menjadi salah satu pioner fotografer yang menggunakan lensa 35mm digunakan untuk memotret kejadian di luar ruangan menggunakan kamera leica.

Selain itu ada Robert Capa, fotografer berkebangsaan hungaria, dan Tony Vaccaro, fotografer berkebangsaan amerika. Hasil potret mereka sering dibanding-bandingkan, terutama hasil Tony Vaccaro terhadap hasil Robert Capa, karena forografi mereka belatar belakang sama yaitu perang dunia II. Robert Capa disebut sebagai fotografer terbaik pada masa tersebut, selain karena hasil fotografinya yang sangat detail, dia pun dapat memotret seorang prajurit yang sekarat pada jarak yang sangat dekat. Hal tersebut yang menjadi ambisi Tony Vaccaro untuk menjadi seorang photojournalism.

Hingga pada akhirnya tahun 1947 fotografer-fotografer terbaik yaitu Henri Cartier-Bresson, Robert Capa, George Rodger, dan David Seymour membuat sebuah agensi foto magnum dengan bentuk koperasi dan menyatakan aktivitas dalam mempertahankan fotografi negarid mereka dengan memberikan hak cipta di foro mereka.

Di Jepang, salah satu fotografer jurnalisme terbaik dinobatkan kepada Shomei Tomatsu. Pada thun 1961, Tomatsu pergi ke Nagasaki, memotret momen ikonik yang mengingatkan kita pada tragedi Hiroshima Nagasaki pada tahun 1945. Hal yang membuat ini menjadi semakin ikonik karena Tomatsu tidak hanya memotret lokasinya saja, tetapi dia juga memotret bekas luka dari korban yang terkena ledakan nuklir tersebut.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup