post image
sumber : unpad.ac.id
KOMENTAR

Universita Padjadjaran melaksanakan kegiatan webinar, dengan tema “Strategi Survival di Masa Covid-19” pada Jumat (15/5). Webinar tersebut menampilkan 4 pembicara yaitu :

  1. Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki
  2. Menteri Sosial Juliari P. Batubara
  3. Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti
  4. Ketua Umum Hipmi Mardani H. Maming

Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki mengungkapkan, berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Koperasi dan UMKM RI, terjadi kenaikan omzet signifikan dari para pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan lokapasar (marketplace) daring selama masa pandemi. Sayangnya, UMKM yang sudah terhubung dengan lokapasar daring baru sekitar 13%.

“Pandemi Covid-19 jadi momentum trransformasi UMKM ke ekosistem digital,” ujar Teten. Teten menjelaskan, transformasi UMKM ke sektor digital tidak sekadar memanfaatkan akses internet, tetapi UMKM harus mampu menjaga suplainya. Selanjutnya Teten memaparkan bahwa bila UMKM masuk ke market online pasarnya akan berskala nasional. Karena itu, lanjut Teten, ada tiga hal penting yang harus disiapkan pelaku UMKM di masa pandemi, yaitu inovasi produk, inovasi usaha untuk menangkap peluang pasar yang ada, serta aspek digitalisasi.

Berita selengkapnya dapat dibaca di unpad.ac.id

KOMENTAR ANDA

Sejak 2002, Unpad Satu-satunya Perguruan Tinggi yang Lakukan Uji Vaksin di Indonesia

Sebelumnya

Kelulusan Jalur Mandiri Dibuka, Unpad Terima 2.154 Calon Mahasiswa Baru

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Kampus