post image
Image source: Google.com
KOMENTAR

Zaman Modern seperti sekarang ini, penggunaan barang elektronik semakin meningkat. Seperti penggunaan Handphone, televisi, laptop, dan masih banyak lagi barang elektronik lainnya yang semakin bervariasi seiring berjalannya waktu.

Diantara deretan benda elektronik tersebut handphone merupakan benda elektronik yang paling banyak digunakan oleh orang-orang zaman sekarang. handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, tetapi dapat dibawa ke mana-mana dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel.

Penggunaan Handphone sangat banyak dilakuakan baik oleh kalangan mudah maupun tua. Tentunya maraknya orang yang menggunakan hanphone disebabkan karena manfaat handphone yang begitu banyak. Handphone merupakan benda yang bisa menghubungkan satu orang dengan orang lainnya meskipun terdapat jarak yang memisahkan.

Hal itu karena handphone terhubung ke sebuah jaringan internet. Jaringan internet atau jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data.

Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari handphone maka dari itu tingkat penggunaan handphone di dunia ini meningkat seiring berjalannya waktu.

Handphone memiliki kelebihan yang dapat dirasakan oleh kita semua sebagai penggunanya. Kelebihan handphone diantaranya adalah pertama handphone digunakan sebagai media komunikasi melalui telepon atau pesan kita dapat berkomunikasi dengan keluarga, teman, sahabat, maupun rekan kerja.

Komunikasi antar handphone dapat dilakuakn meskipun jarak jauh memisahkan seperti antar kota, negara, maupun benua. Kedua dapat menambah wawasan dengan menggunakan mesin pencarian seperti google, yahoo dan lain sebagainya.

Mesin pencarian di dalam handphone yang terhubung ke internet ini dapat kita gunakan untuk melakuakan pencarian apapun yang ingin kita ketahui, seperti dalam mencari definisi suatu kata, tips suatu hal, mencari resep masakan, info atau berita dan lain sebaginya. Ketiga sarana jual beli secara online. Melalui e-commerce setiap orang dapat melakukan jual beli online.

Hal ini memudahkan para pengguna handphone, karena hanya dengan scrolling memilih produk saja kita dapat melakukan pembelian barang, makanan, dan minuman kapanpun dimanapun.

Dan keempat penggunaan media sosial. Sekarang ini media sosial banyak dimanfaatkan untuk kegiatan yang menguntungkan. Seperti hal nya Instagram, melalui endorsement kalangan selebgram bahkan orang biasa yang memiliki followers cukup banyak bisa mendapatkan penghasilan. Selain itu media sosial lainnya juga dapat digunakan sebagai sarana penjualan online.

Diantara banyaknya manfaat dan kelebihan yang dimilikinya, handphone juga memiliki kekurangan. Kekurangan handphone diantaranya adalah pertama handphone memiliki radiasi yang tidak baik untuk tubuh manusia.

Radiasi ini bahkan bisa menyebabkan penyakit berbahaya hingga kematian bagi manusia. Kedua handphone terhubung ke jaringan intenet yang manjadikan kebebasan penggunanya dalam mengakses apapun di dalamnya.

Kebebasan mengakses ini yang menjadikan salah satu bahaya dari penggunaan handphone. Karena setiap orang bisa megakses apapun bahkan hal yang dilarang atau yang tidak sepantasnya dilihat dan dibaca. Ketiga handphone bisa menjadi sarana memperoleh berita lewat intenet yang di akses, tetapi berita yang disediakan melalui internet terkadang megandung hoaks atau tidak sesuai dengan fakta.

Hal itu dapat merugikan beberapa pihak, baik pihak terkait yang terdapat pada pemberitaan hoaks tersebut maupun pihak yang membacanya. Oleh karena itu dengan maraknya berita hoaks yang tersedia di internet, sudah sepantasnya kita lebih teliti dalam memilih berita online.

Pilihlah berita yang bersal dari sumber terpercaya. Dan keempat menyebabkan efek malas bagi penggunanya. Efek malas disebabkan karena, kita dapat melakukan aktifitas apapun di handphone seperti bermain game dan menonton film.

Hal tersebut dapat mengakibatkan kecanduan bagi yang melakukannya. Orang-orang bisa menghabiskan waktunya seharian di depan layar handphone demi tercapainya kepuasan mereka. Efek ini dapat mengganggu kualitas hidup yang menjadikan siapapun yang menggunakannya secara berlebihan sama saja dengan membuang waktu secara sia-sia.

Berdasarkan kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada internet maka sudah sepantasnya kita lebih disiplin dan berhati-hati dalam menggunakan handphone. Karena efek buruk yang ditimbulkannya pun tidak main-main hingga dapat menimbulkan penyakit berbahaya juga kematian apabila kita tidak disiplin meggunakannya.

Di sisi lain kita harus memanfaatkan handphone secara positif karena banyak juga manfaat yang dapat kita terima dari penggunaan handphone.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Gaya Hidup