post image
Pintarlah memilih berita yang beredar di internet / Google.
KOMENTAR

Zaman kiwari, mungkin orang-orang sudah tidak asing dengan istilah internet. Internet atau international network merupakan suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan suatu media elektronik dengan media lainnya.

Banyak manfaat yang bisa diraup dari internet di antaranya yaitu sebagai media komunikasi, media penjualan daring, dan media untuk mengakses informasi atau berita.

Pada era globalisasi, jarak sudah bukan penghalang bagi setiap orang untuk berkomunikasi, mengakses informasi atau berita dari satu tempat ke tempat lainnya. Kemudahan inilah yang membuat setiap orang memilih internet sebagai sarana memperoleh informasi.

Segala bentuk berita, baik berita yang baru saja terjadi maupun berita yang sudah lama terjadi tersedia di internet. Orang-orang dapat mencarinya hanya dengan mengetik berita yang diinginkan di sebuah alat pencari yang dapat terhubung ke internet lalu dalam hitungan kurang dari satu detik informasi yang diinginkan sudah didapat.

Semudah itu orang dapat mengaksesnya sehingga internet dijadikan sebagai teknologi modern yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kalangan tua hingga muda dewasa ini.

Pada zaman modern, banyak orang yang lebih memilih mencari berita melalui internet karena praktis dan mudah didapat. Berita yang dicari mulai dari berita seputar negara, politik, pendidikan, hingga selebritis semua itu bisa diakses melalui internet.

Dalam durasi singkat, siapapun dapat memperoleh berita yang diinginkan. Disamping keuntungan atau dampak positif yang membuat masyarakat takjub pada internet, terdapat pula dampak negatif yang merugikan masyarakat dalam penggunaan internet.

Internet memiliki banyak situs penyedia berita, ternyata tak jarang berisikan berita yang belum tentu terjamin kesahihannya. Hal itu terjadi karena situs penyedia berita tersebut adalah akun yang tidak terpercaya. Orang awam bahkan orang yang masih berada di bangku sekolah yang belum memiliki banyak pengalaman pun dapat membuat berita melalui situs atau akun yang dibuatnya dan disebarkan melalui internet.

Padahal berita yang dibuatnya belum tentu sesuai dengan fakta atau terjamin kebenarannya. Bahkan beberapa hal melenceng dan menimbulkan informasi tidak sesuai kenyataan. Maka dari itu, kita sebagai pengguna internet harus cerdas dan berhati-hati dalam memilih berita di internet. Jangan mudah percaya dengan berita yang disuguhkan melalui internet apalagi jika sumber berita tersebut dari akun yang belum terpercaya sumbernya.

Berita yang benar kenyataannya dapat disebut juga berita hoaks. Berita hoaks dapat merugikan dan menimbulkan dampak negatif bagi pihak terkait dan masyarakat. Tersebarnya berita hoaks disebabkan oleh akun yang menyediakan berita tersebut merupakan akun yang tidak terpercaya.

Mereka yang membuat berita hoaks tersebut salah mengasumsikan suatu informasi atau sengaja membuat berita hoaks untuk merugikan pihak tertentu. Dengan tersebarnya hoaks tersebut, akhirnya banyak masyarakat yang keliru dalam menafsirkan informasi.

Lalu kita selaku masyarakat yang selalu membutuhkan berita untuk memperoleh informasi baik di dalam dan di luar negeri, apa yang harus kita lakukan agar memperoleh berita faktual? Nah, kita sebagai masyarakat yang gemar mencari berita melalui internet, harus cerdas dalam mencari sumber berita.

Carilah berita pada situs resmi agar tidak ada hoaks atau berita palsu yang hanya dikarang atau direkayasa oleh oknum tidak bertanggung jawab. Akan lebih baik lagi jika kita juga memperoleh berita dari beberapa sumber, seperti di intenet, televisi, dan koran atau majalah. Dengan demikian, informasi yang kita dapatkan akan jelas dan mudah untuk mempertimbangkan kebenarannya.

KOMENTAR ANDA

Tuan Bosscha, Raja Teh Priangan yang Baik Hati

Sebelumnya

IKA Unpad di Puncak Sibayak

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual