post image
Ilustrasi rambut rontok. /NET
KOMENTAR

Hampir semua orang mungkin pernah mengalami yang namaya rambut rontok. Meskipun wajar, namun permasalahan ini perlu diwaspadai karena rambut rontok yang berlebihan bisa mengakibatkan kebotakan. Penyebabnya sendiri bermacam-macam, bisa karena perubahan hormon, kurang asupan gizi, efek samping obat-obatan, dan pengaruh psikologis.

Sebelum rambut rontok semakin parah, sebaiknya segera atasi dengan 4 bahan alami berikut :

Lidah Buaya

Sudah menjadi rahasia umum jika salah satu manfaat lidah buaya yaitu untuk menyuburkan rambut. Kandungan vitamin A, zat besi, dan protein di dalamnya juga dapat membantu mencegah dan mengatasi rambut rontok. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya pada rambut dan kulit kepala secara merata, lalu diamkan selama lima belas menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Minyak Zaitun

Mengandung vitamin A, C, D, E, K, zat besi, dan kalsium, minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi rambut rontok. Caranya, usapkan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata, lalu pijat dengan lembut. Setelah setengah jam, kamu bisa membilasnya dengan menggunakan sampo.

Yoghurt

Yoghurt dikenal dengan rasanya yang asam. Selain untuk dikonsumsi, ternyata yoghurt juga bisa dimanfaatkan untuk menguatkan akar rambut. Hal ini dikarenakan kandungan kalsium, vitamin D, kalium, dan protein yang terdapat di dalamnya. Layaknya sedang creambath, kamu hanya perlu mengoleskan yoghurt ke permukaan rambut sambil memijatnya pelan. Lalu bilas dengan air dan sampo setelah dibiarkan selama lima menit.

Santan

Santan sangat erat kaitannya dengan bumbu masakan. Namun siapa sangka, cairan berwarna putih susu ini ternyata dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan rambut agar tidak rontok ketika disisir.  Kamu cukup mengoleskannya pada permukaan rambut, lalu diamkan selama tiga puluh menit. Langkah terakhir, bilas dan bersihkan rambut menggunakan sampo.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup