post image
Ilustrasi cuka apel. /PIXABAY
KOMENTAR

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan ekstrak apel yang difermentasi menjadi cuka. Mengandung asam asetat, bahan alami ini dikenal dengan segudang manfaatnya baik untuk kecantikan, kesehatan, bahkan bisa digunakan sebagai pelengkap masakan. Selain menurunkan berat badan, berikut 4 manfaat lain cuka apel bagi kesehatan tubuh :

Menurunkan kadar gula darah

Diabetes merupakan penyakit kronis berupa kadar gula darah yang terlalu tinggi. Penyakit ini juga bisa memicu berbagai penyakit lain seperti gagal ginjal, serangan jantung, dan stroke. Sebagai pengobatan alami, kamu dapat mengonsumsi cuka apel sebelum makan. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki fungsi dalam memperlambat proses penyerapan gula ke dalam darah. Maka dari itu, kadar gula darahmu akan lebih terkontrol setelah makan.

Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kadar lemak dalam lipid (darah). Kadar lipid yang menurun dipercaya dapat membantu mencegah penyakit jantung dan mengurangi resiko obesitas. Cuka apel juga mengandung senyawa asam linolenik alfa yang baik untuk jantung.

Mengatasi gangguan pencernaan

Dalam mengatasi gangguan pencernaan, alangkah baiknya konsumsi cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Jenis cuka apel ini biasanya berwarna cokelat keruh dan jika didiamkan akan terdapat ampas di dasar botol. Bukan hanya sembelit, cuka apel jenis ini juga ternyata dapat mengatasi gangguan asam lambung dan maag.

Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan peradangan pada kulit akibat sel-sel kulit menumpuk. Penyakit kulit ini ditandai dengan ruam merah, kulit kering, bersisik, dan mudah terkelupas. National Psoriasis Foundation telah menemukan manfaat cuka apel sebagai obat psoriasis, terutama psoriasis pada kulit kepala. Hal ini dikarenakan cuka apel memiliki antiseptik yang dapat mengurangi iritasi dan gatal akibat psoriasis.

Itulah keempat manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh. Meskipun kaya akan khasiatnya, bukan berarti kamu dapat mengonsumsi cuka apel secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup