post image
Ilustrasi buah. /PIXABAY/silviarita
KOMENTAR

Produk perawatan kulit dan olahraga tampaknya belum cukup untuk mendapatkan kulit yang bersih, sehat, dan tampak glowing.

Asupan yang masuk dalam tubuh pun harus sangat diperhatikan. Pasalnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi bisa sangat memengaruhi kondisi kulit.

Selain menyantap sayur, ada beberapa jenis buah yang harus dikonsumsi untuk membuat kulit menjadi lebih sehat sepanjang hari.

Dilansir dari Cosmpolitan, berikut adalah 5 buah terbaik untuk kulit sehat bebas jerawat:

1. Semangka

Semangka memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit berminyak dan berjerawat. Buah segar berwarrna merah ini akan memberikan asupan vitamin A, C, B1, B6, carotenoid, flavonoid, dan lycopene yang mencegah kerusakan kulit.

Kabar baiknya lagi, semangka bebas lemak dan kolestrol sehingga aman dikonsumsi bagi yang sedang dalam program penurunan berat badan.

2. Lemon

Buah lemon adalah bleaching agent yang bisa digunakan untuk mencerahkan warna kulit. Kandung vitamin C dalam lemon mampu membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi.

Untuk mendapatkan kulit sehat dengan lemon, minumlah air lemon setiap pagi sebelum sarapan untuk membersihkan tubuh dari toksin.

Bisa juga 1 sendok makan sari lemon dicampurkan dengan 1 sendok teh susu putih dan dioleskan di bagian bawah mata untuk menghilangkan kantung mata.

3. Delima

Kulit yang sering terpapar sinar matahari harus dijaga dari dalam dengan mengonsumsi buah delima.

Buah delima mengandung vitamin C, K, folat, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan lain-lain. Berbagai studi telah membuktikan bahwa buah delima mampu melancarkan regenerasi kulit.

Bahkan, kulit dan biji buah ini diperkaya dengan antioksidan berupa ellagic acid yang melindungi kulit dari UVA dan UVB.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah yang tergolong dalam superfood karena memiliki manfaat yang sangat banyak, tak hanya bagi tubuh tapi juga bagi kulit.

Alpukat kaya akan serat, folat, vitamin A, C, E, K, B6, dan antioksidan yang menjaga DNA tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin.

Dua kandungan tersebut yang akan melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Sementara itu, lemak baik dalam alpukat akan menjaga kekenyalan kulit, mengurangi inflamasi, dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Pepaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, pepaya yang kaya akan enzim papain dan chymopapain ini juga bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Pepaya mengandung vitamin A, B, C, dan mineral seperti potasium dan magnesium yang bisa mempercantik kulit.

Jika tidak terlalu suka dengan rasa buah pepaya, bisa juga mencampurkannya dengan smoothie atau dicampur dengan sari lemon.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup