post image
Olahan nasi liwet lengkap Solo. /Notepam
KOMENTAR

Nasi merupakan hasil olahan beras yang menjadi sumber karbohidrat utama bagi banyak orang. Nasi juga menjadi makanan pokok masyarakat di Indonesia. Banyak orang Indonesia yang merasa apabila belum memakan nasi berarti dirinya belum ‘makan’.

Meskipun sudah banyak memakan segala yang ada, termasuk mi instan tapi banyak juga loh orang yang merasa belum makan, karena  kurang afdol kalau tanpa nasi. Hal tersebut juga mungkin kalian rasakan.

Ternyata Indonesia punya banyak olahan nasi loh. Beberapa diantaranya mungkin belum kamu tahu. Kira-kira apa saja ya olahan nasi khas Indonesia. Yuk, simak!

1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan salah satu olahan nasi khas Indonesia yang paling digemari. Nasi liwet adalah nasi yang dimasak dengan kelapa sehingga menghasilkan rasa gurih. Biasanya di Kota Solo nasi liwet disajikan dengan labu siam dan suwir-suwiran.

Selain di Solo, orang Sunda juga sering memakan nasi liwet, tapi olahannya berbeda dengan nasi liwet Solo. Olahan liwet Sunda yaitu nasi dinanak dengan potongan bawang merah, minyak atau margarin, santan, garam, serai, lengkuas, dan daun salam. Nasi liwet Sunda biasanya disajikan dengan sayur, sambal, tempe, tahu, dan lauk pauk lain yang anda inginkan.

2. Nasi Tutug Oncom

Nasi tutug oncom adalah olahan nasi yang digemari orang Sunda. Nasi tutug oncom ini olahan nasi asli Sunda loh. Tutug sendiri memiliki arti menumbuk. Jadi nasi ini diaduk dengan oncom yang sudah ditumbuk. Oncom tersebut sebelumnya telah digoreng atau dibakar. Ada yang menarik dari nasi tutug oncom ini yaitu dapat bertahan berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan tanpa diawetkan

3. Nasi Kebuli

Nasi kebuli merupakan olahan nasi yang dimasak bersama dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Olahan nasi ini biasanya dihidangkan dengan kambing goreng yang taburi irisan kismis atau korma. Menurut informasi yang dihimpun, nasi kebuli populer di Betawi. Pada kebudayaan Betwi, nasi ini biasanya dihidangkan dalam perayaan-perayaan keagamaan Islam.

4. Nasi Langgi

Nasi langgi merupakan olahan nasi yang berasal dari Solo, namun ada juga yang menyatakan bahwa nasi ini berasal dari Jember.Nasi ini diolah dengan santan dan asam jawa. Olahan inibisa dihidangkan dengan lauk seperti telur dadar, kering kentang, serundeng, daging, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan lengkap dengan mentimun.

5. Nasi Jamblang

Nasi jamblang adalah makanan khas dari Cirebon. Dinamakan ‘Jamblang’ karena mengingat tempat asal nasi tersebut yaitu Desa Jamblang. Desa Jamblang berada di sebelah barat Kabupaten Cirebon. Nasi ini memiliki ciri khas yaitu dibungkus dengan daun jati. Nasi Jamblang dihidangkan dengan sate kentang, semur ati, sambal, tempe, tahu, dan lain-lain. Disinyalir nasi ini juga sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda,loh.

Nah itu tadi berbagai macam olahan nasi khas Indonesia. Kamu dapat mencobanya di rumahdan dinikmati bersama keluarga. Eits, tapi olahan nasi di Indonesia ini bukan hanya ada lima, tapi masih banyak lagi.

KOMENTAR ANDA

5 Jenis Jamu Tradisional Beserta Manfaatnya

Sebelumnya

Ketiak Mudah Basah? Begini Cara Mengatasinya!

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup