post image
Ilustrasi tidur. PIXABAY/StockSnap
KOMENTAR

Susah tidur memang gangguan yang bisa menghambat aktivitas. Pola tidur yang kacau juga akan memengaruhi pola aktivitasmu di siang hari. Oleh sebab itu, gangguan susah tidur sebaiknya segera diatasi agar tidak berlarut-larut.

Dirangkum dari Alodokter, berikut adalah beberapa tips mengatasi susah tidur.

1. Matikan perangkat elektronik

Suasana yang nyaman akan membuat tubuh dan pikiranmu merasa rileks. Salah satu cara menciptakan ruang tidur yang nyaman adalah dengan mematikan perangkat elektronik yang sekiranya menganggu. Misal, TV, handphone, laptop, dan sebagainya.

Jika kamu tiba-tiba terbangun di tengah malam, usahakan untuk tidak menyalakan handphone. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan bisa menurunkan produksi hormon melatonin sehinga kamu akan kembali sulit tidur. Bebaskan dirimu dari segala macam gadget saat tidur, ya.

2. Mandi air hangat

Membuat tubuh rileks bisa dilakukan dengan mandi air hangat. Apalagi, jika kamu baru saja pulang bekerja dan ingin membersihkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Setelah mandi air hangat, kamu akan merasa lebih rileks dan bisa tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

3. Latihan pernapasan

Tips mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah dengan latihan pernapasan. Caranya, tarik napas melalui hidung selama empat hitungan, tahan napas selama tujuh hitungan, dan buang perlahan melalui mulut selama delapan hitungan.

Ulangi pola tersebut sebanyak empat kali. Jika kamu melakukannya dengan rutin, kamu akan merasa lebih tenang dan lebih nyaman sehingga mudah untuk tertidur.

4. Konsumsi makanan karbohidrat

Mengonsumsi makanan sumber karbohidrat, seperti kentang, ubi, nasi, dalam jumlah yang cukup beberapa jam sebelum tidur ternyata bisa membuat kita terlelap lebih cepat. Hal ini diyakini karena karbohidrat mampu meningkatkan kadar hormon tryptophan yang membuatmu lebih mudah mengantuk.

5. Hindari makanan tinggi lemak

Jika makanan karbohidrat disarankan untuk dikonsumsi sebelum tidur, makanan tinggi lemak justru harus dihindari. Mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti gorengan, sebelum tidur akan membuat tubuh bekerja dengan ekstra keras untuk memecah lemak sehingga kamu akan merasa sulit tidur.

Itulah 5 tips mengatasi susah tidur. Selain tips tersebut, kamu juga bisa melakukan terapi pengobatan tetentu, seperti terapi gelombang otak yang diduga mampu membantu mengatasi gangguan tidur. Jika gangguan sulit tidur yang kamu rasakan semakin serius, segera konsultasi dengan profesional untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup