post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Banyak perusahaan membutuhkan jasa recruitment agency untuk mengisi lowongan pekerjaan mereka. Recruitment agency nantinya akan mencari dan menyeleksi setiap pelamar kerja sebelum mengirimkan kandidat ke perusahaan yang menggunakan jasanya. Namun, sebelum berurusan dengan recruitment agency, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui.

Jenis Agensi

Harus kamu ketahui bahwa jenis agensi bermacam-macam. Ada agensi yang hanya fokus mencari pekerja untuk jangka panjang, ada juga agensi yang membutuhkan pekerja sementara. Beberapa agensi mengutamakan peran senior, agensi lain lebih fokus pada lulusan. Jadi, melakukan riset sangat penting agar kamu bisa menempatkan diri pada agensi yang tepat.

Menyesuaikan CV

Biodata diri saja tidak cukup untuk dicantumkan pada lembar CV sebagai pelamar kerja. Lampirkan juga keterampilan serta pengalaman yang relevan untuk meyakinkan konsultan. Kedua hal tersebut juga bisa menjadi penilaian terhadap sejauh mana pencapaian dan kemampuan kamu.

Pilih Pekerjaan yang Sesuai

Meskipun lowongan pekerjaan banyak, bukan berarti kamu bisa meng-apply posisi lamaran sepuasnya. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keahlian, cara ini pun efektif agar agensi tidak kebingungan. Jika kamu hanya apply pekerjaan yang relevan dengan minat, ini membuktikan bahwa kamu bersungguh-sungguh untuk mendapatkan posisi itu.

Bangun Hubungan yang Baik

Agensi merupakan perantara seseorang dalam mencari pekerjaan. Dalam proses ini pasti akan banyak komunikasi yang kalian lalui. Maka, jangan pernah coba-coba berlaku kasar atau melakukan hal-hal yang kurang mengesankan karena dapat berdampak buruk bagi kedua belah pihak.

Disiplin dan Tepat Waktu

Menjadi seseorang yang disiplin dan tepat waktu bisa menjadi nilai tambah untuk kamu. Selain itu, berlaku sopanlah seperti halnya ketika membalas email dan mengangkat telefon. Jika kamu tidak dapat menghadiri wawancara, kabari pihak agensi sebelumnya! Perlu kamu ketahui, pihak agensi tidak ingin membuang-buang waktunya untuk pelamar kerja yang tidak teratur.

Itulah kelima hal yang harus kamu ketahui sebelum menemui agensi. Pilihlah recruitment agency yang tepat dan sesuai dengan kriteria.

Selain efektif, cara ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan agar perjuangan kamu mencari agensi rekrutmen berjalan secara maksimal.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup