post image
Ilustrasi bahagia. /Pixabay/Pexels
KOMENTAR

Setiap orang memiliki cara bahagia yang berbeda-beda dan tidak perlu sama. Bagi satu orang, cara tertentu mungkin tidak membahagiakan namun bagi orang lain justru bisa membuatnya sangat bahagia.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, Kamis (13/8), kunci dari bahagia adalah menemukan kebiasaan atau cara yang membuatmu bahagia dan melakukannya setiap hari. Jason Wheeler, seorang psikoanalisis di New York City, mengatakan bahwa kebahagiaan adalah aktivitas.

Berikut adalah beberapa cara yang diungkap para terapis agar kita bisa tetap positif dan menjalani hari dengan bahagia, bahkan ketika stres menghampiri.

Mindfulness

Mindfulness atau kesadaran pikiran kerap dikaitkan dengan yoga atau meditasi. Wheeler justru mengatakan, kita bisa menemukan kesadaran pikiran dari jenis olahraga lain, salah satunya adalah berenang.

Gerakan berulang yang dilakukan secara alami akan mengarahkan kita pada kesadaraan pikiran. Menurut Wheeler, berenang selama 30 menit hingga satu jam adalah meditasi yang baik.

“Setelah selesai berenang, saya tidak merasa lelah tapi malah segar dan berenergi”, ujarnya.

Lari

Latihan kardio ternyata juga bisa meningkatkan kebahagiaan, lho. Kasi Howard, terapis asal San Antonio, mengatakan bahwa olahraga lari adalah sumber kewarasannya. “Tidak hanya ketika stres tapi juga dilakukan saat mencari ide” kata Kasi.

Olahraga memicu lonjakan adrenalin di seluruh tubuh dan mengeluarkan hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati. Alasan inilah yang membuat Kasi selalu merasa bahagia setelah olahraga lari.

Terhubung dengan orang lain

Gail Saltz, seorang psikolog, mengungkap bahwa dirinya menghabiskan waktu dengan sang suami setiap hari. Menurut Saltz, hal ini membuat hubungan dengan suaminya tetap kuat. Dengan demikian, komunikasi memang merupakan kunci dari hubungan manusia, salah satunya hubungan asmara.

Sebuah studi yang dirilis di Journal of Social and Personal Relationship menemukan fakta bahwa istri yang menganggap suaminya bisa menahan emosi akan mengalami penurunan kualitas di hubungan pernikahannyaa.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengungkapkan perasaan kepada orang terdekat. Kebiasaan memendam perasaan atau emosi negatif justru akan memicu tekanan emosi yang lebih besar. Bukan tidak mungkin, hal ini akan berbahaya bagi kesehatan mental.

Itulah tiga cara yang dilakukan oleh para psikolog untuk selalu membawa kebahagiaan di setiap harinya. Meski demikian, kamu tetap bisa menemukan cara bahagia yang lain. Sebagaimana yang diungkapkan Wheeler, bahagia adalah aktivitas. Kamu hanya perlu menemukannya dan melakukannya setiap hari.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup