post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Memiliki body yang gagah membuat beberapa orang merasa keren ketika menaiki motor gede. Apalagi jika warna yang melapisi motor gede tersebut mendukung tampilannya. Namun jangan hanya sekedar mengagumi keindahan motor gede, kamu juga harus merawatnya secara ekslusif dan lebih detail seperti tips-tips berikut ini:

Ganti Oli Secara Rutin

Seperti motor pada umumnya, oli juga merupakan komponen penting dalam sebuah motor gede. Untuk menjaga ketahanan serta kualitas motor gede, gantilah oli motor secara teratur. Jika oli motor berkurang, segera ganti dengan oli yang baru. Mengganti oli juga harus tetap kamu lakukan meskipun motor tersebut jarang kamu gunakan.

Perhatikan Kualitas Bahan Bakar

Dalam memilih bahan bakar motor gede memang tidak boleh sembarangan. Minimal kamu harus mengisi bahan bakar Pertamax untuk motor gede. Namun, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan Pertamax Plus atau Pertamax Turbo.

Periksa Rantai Secara Rutin

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan untuk memastikan performa motor gede selalu maksimal yaitu rutin mengecek rantai. Periksalah minimal satu kali dalam sebulan. Pastikan tidak ada rantai yang renggang karena hal tersebut akan mengurangi performa motor gede. Jika kamu mendapati rantai motor yang renggang, sebaiknya segera diganti dengan rantai baru.

Periksa Bagian Kelistrikan

Satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan dalam merawat motor gede yaitu mengecek bagian kelistrikan motor terutama accu. Accu memiliki peranan penting untuk mendukung performa motor gede. Accu yang baik akan memudahkan rider dalam memaksimalkan motor. Maka dari itu, jika kamu menemukan accu lemah, segera isi air accu. Isi ulang juga listrik motor selama kurang lebih 2,5 jam. Apabila umur accu sudah tua, gantilah dengan yang baru.

Mengontrol Tekanan Angin Ban

Kontrollah tekanan angin ban motor secara rutin. Jika kamu menemukan tekanan angin pada ban motor gede rendah, kamu harus cepat-cepat mengisi angin hingga mencapai tekanan yang standar. Tekanan angin ban motor yang rendah dan di bawah standar akan membuat motor gede bermasalah, terutama pada kestabilan dan kenyamanan. Selain itu, keselamatan pengendara pun akan terancam.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup