post image
Verspa. /NET
KOMENTAR

Vespa merupakan salah satu jenis motor yang diminati oleh banyak kalangan. Selain spesifikasi, vespa juga kini telah meluncurkan banyak variasi model dengan warna beragam. Hal inilah yang membuat banyak orang enggan berpaling dari vespa, bahkan vespa bekas pun masih laku terjual di pasaran.

Namun di balik bentuknya yang khas, merawat vespa bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika vespa yang kamu gunakan adalah vespa tua. Maka dari itu ikuti beberapa tips merawat vespa tua yang baik berikut ini:

Bahan Bakar

Dalam pemilihan bahan bakar untuk sebuah vespa tua, sebaiknya gunakan bahan bakar beroktan tinggi. Hal ini dikarenakan bahan bakar beroktan rendah akan membuat retak atau jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Akibatnya, kinerja mesin vespa terganggu.

Pemilihan Oli Samping

Berhati-hatilah dalam memilih oli samping untuk vespa tua, pastikan oli samping yang kamu gunakan berkualitas tinggi. Sama seperti bahan bakar beroktan rendah, kualitas oli samping yang buruk juga akan menimbulkan banyak kerak di dalam ruang bakar. Kamu bisa menanyakan merk oli samping terbaik pada teman-teman sesama pengguna motor vespa agar tidak salah beli.

Mengganti Oli Mesin

Sebulan sekali untuk menjaga kualitas serta ketahanan mesin vespa, gantilah oli mesin setiap sebulan sekali. Apalagi jika kamu memanfaatkan vespa sebagai kendaraan sehari-hari. Namun apabila vespa jarang digunakan, kamu bisa mengganti oli mesin setiap dua bulan sekali.

Merawat Accu

Accu merupakan salah satu komponen paling penting pada sebuah vespa yang berfungsi untuk tenaga saat mesin dinyalakan. Dalam perawatannya pun tidak boleh sembarangan. Pastikan kutub-kutub accu bebas dari kerak atau karat, kamu juga harus memantau ketinggian air accu agar tidak kekeringan. Jika kamu meninggalkan vespa untuk berpergian sehingga vespa tidak dipakai dalam jangka waktu lama, sebaiknya lepaskan accu motor dari kutub-kutubnya.

Merawat Karburator

Selain accu, karburator juga memiliki peranan penting pada sebuah vespa tua. Perawatannya pun harus diperhatikan mengingat karburator yang bermasalah adalah penyebab vespa tua sering mogok. Kamu cukup melepas dan membersihkan karburator dari kerak serta kotoran-kotoran yang menyumbat lubang-lubang aliran besi. Kamu bisa menggunakan alat penyemprot udara, karbu cleaner, bahkan bensin.

Merawat Busi

Busi memiliki fungsi sebagai pemetik bunga api yang mengakibatkan proses pembakaran terjadi. Jika kamu luput merawat busi, kamu akan sering mengganti-ganti busi.

Merawat Kabel Persneling

Merawat kabel persneling bukanlah hal yang sulit. Kamu hanya perlu melakukan penyetelan yang benar dan perhatikan kondisi kabel-kabel tersebut. Jika ada kabel yang putus, gantilah segera mungkin.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup