post image
Ilustrasi.
KOMENTAR

Jika bisnis yang kamu rintis mulai berkembang, pindah ke kantor yang lebih luas merupakan pilihan yang tepat. Hal ini agar ruangan kantor dapat menampung seluruh karyawan yang kian bertambah.

Di samping rasa senang akan menikmati suasana kantor baru, pindah kantor juga ternyata cukup sulit dan menguras energi. Agar proses pindah kantor lebih mudah, ikuti beberapa tips berikut ini:

Pilih Kantor Baru

Jika kamu belum memutuskan akan menempati kantor tersebut dalam jangka waktu lama, sebaiknya pilihlah kantor yang memiliki waktu sewa fleksibel. Masa sewa yang pendek juga berguna bagi para perusahaan start up yang baru merintis. Selain itu, pastikan ruangan kantor yang kamu pilih cukup nyaman dan luas sehingga dapat menampung jumlah karyawan.

Mempertimbangkan Faktor Keamanan

Keamanan merupakan faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih kantor baru. Pastikan kantor baru kamu memiliki jasa keamanan 24 jam serta dilengkapi fasilitas pendukung seperti kamera CCTV, akses ruangan, dan fasilitas keamanan lain.

Membuat Jadwal Kegiatan

Buatlah jadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan setelah melakukan pindah lokasi kantor. Rencanakan waktu untuk melakukan beberapa kegiatan seperti mengganti polis asuransi dari kantor lama ke kantor baru, merenovasi kantor baru agar memiliki tampilan sesuai yang diinginkan, serta mengurus izin dan lisensi untuk menjalankan bisnis di kantor baru.

Sumber Daya

Dalam proses pindahan kantor akan banyak sumber daya yang dibutuhkan perusahaan. Maka dari itu siapkanlah sebaik mungkin, seperti biaya untuk menyewa jasa pengiriman barang. Agar menghemat pengeluaran, kamu dapat meminta bantuan karyawan untuk membantu memindahkan furnitur atau peralatan yang dibutuhkan ke kantor baru.

Mencari Sewa Jasa Pindahan

Setelah keempat hal di atas sudah dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencari sewa jasa pindahan yang terbaik. Kamu dapat mencari referensi dari internet atau menanyakan pada kerabat yang pernah berpengalaman melakukan pindahan. Reputasi perusahaan logistik yang baik akan berpengaruh pada proses pindahanmu.

Mengabari Vendor

Agar perusahaan tidak kehilangan rekan bisnis, maka hubungilah seluruh klien kamu serta beritahu mereka alamat lengkap kantor yang baru. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menemui kamu di kantor baru.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup