post image
Ilustrasi pengiriman barang.
KOMENTAR

Bagi kamu yang ingin pindah rumah, sudah pasti akan melewati proses mengemas barang. Tidak hanya untuk kepentingan pindah rumah, ketika ingin mengirim barang ke suatu tujuan pun tentu memerlukan packing.

Nah, agar tidak keliru dalam mengemas barang perhatikan tips-tips berikut ini:

Kenali Karakteristik Barang

Sebelum mengemas barang, perhatikan apakah barang yang akan kamu kemas berbahan kayu, kaca, atau plastik. Langkah ini penting agar kamu bisa menyesuaikan cara packing berdasarkan jenis barang. Mengemas barang belah pecah tentu berbeda dengan mengemas barang berbahan kain.

Pilih Bahan Dasar Packing Sesuai Jenis Barang

Setelah kamu mengetahui karakteristik barang yang ingin dikemas, langkah selanjutnya yaitu memilih bahan dasar untuk mengemas barang. Berikut beberapa bahan dasar packing:

- Amplop: Bahan dasar amplop sangat cukup untuk mengirim surat. Kamu juga bisa menambahkannya dengan menggunakan map.

- Kardus: Berbeda dengan amplop, bahan dasar kardus lebih universal untuk keperluan packing barang. Kamu bisa mengemas barang pecah belah maupun berbahan plastik dengan ukuran yang berbeda-beda. Sesuaikan ukuran barang dengan space kardus, jika ukuran kardus kebesaran kamu bisa memotongnya.

- Plastik: Jika kamu ingin mengemas barang yang tidak mudah rusak seperti baju, memanfaatkan plastik untuk mengemas barang sudah sangat cukup.

Beri Tambahan Bahan Packing

Jika barang yang ingin kamu kirim merupakan barang mudah pecah atau rusak, sebaiknya gunakan tambahan bahan packing untuk mengurangi kerusakan. Kamu bisa menggunakan bahan yang mudah dicari seperti styrofoam atau bubble wrap. Untuk keamanan yang lebih terjamin, manfaatkanlah kayu sebagai box setelah barang dilapisi bubble wrap.

Posisikan Alamat Tujuan di Tempat yang Mudah Terlihat

Tulislah alamat tujuan yang ingin kamu kirimi barang dengan jelas, lalu tempelkan di tempat yang mudah terlihat. Selain memudahkan jasa ekspedisi melihatnya, cara ini juga berguna agar kurir tidak salah alamat.

Gunakan Jasa Pengiriman yang Tepat

Jika barang sudah dikemas rapi, selanjutnya kirimlah barang ke alamat tujuan. Kamu bisa memilih jasa pengiriman berdasarkan kebutuhan. Jika barang yang dikirim ingin cepat sampai, pilihlah jasa pengiriman yang dapat mengirim barang hanya dalam waktu satu hari.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup