post image
Perpustakaan di Bandung. (pinterest)
KOMENTAR

Perpustakaan bagi sebagian orang adalah tempat yang mengasyikan. Aroma buku, rak kayu tua, hingga gabungan nuansa klasik dari furnitur pelengkap di sana menjadikan perpustakaan surga dunia bagi sebagian orang.

Walaupun demikian, perpustakaan masih memiliki stereotip sebagai tempat membosankan karena sebagian orang menanggap kegiatan membaca tidak menarik dan bikin ngantuk.

Seiring berjalannya waktu, perpustakaan telah berevolusi menjadi tempat yang menyenangkan. Perpustakaan didesain dengan menarik yang kekinian dan fasilitas yang membuat generasi milenial betah berlama-lama. Berikut 5 perpustakaan yang wajib kamu kunjungi bila ke Bandung.

Dispusipda Jabar

Perpustakaan pertama yang harus kamu datangi bila berkunjung ke Bandung adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat (Dispusipda Jabar). Perpustakaan resmi ini terletak di jalan Kawaluyaan Indah III No. 4, Jatisari, Buahbatu. Dispusipda Jabar menyajikan beragam buku bacaan yang disusun sesuai kategorinya, sehingga memudahkan pembaca untuk mencari buku yang diperlukan.

Selain itu, ada fasilitas komputer katalog yang menyajikan informasi buku yang kita cari.  Gedung 4 tingkat ini  menghadirkan ruang baca yang megah, ber-AC, dan akses jaringan wifi yang gratis. Dispusipda menjajakan kita dengan fasilitasnya yang lengkap serta ruang bacanya yang nyaman.

Akan tetapi, kamu perlu menjadi anggota bila ingin meminjam buku atau menggunakan fasilitas ruangan untuk rapat. Menjadi anggota Dispusipda tidak dikenakan biaya apapun, lho!

Dispusip Bandung

Walaupun rekomendasi selanjutnya masih tetap perpustakaan resmi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bandung adalah tempat yang harus kamu kunjungi, loh. Pasalnya, tempat ini terletak strategis di Jalan P. Seram Luwuk Banggao No. 2, Citarum, Bandung Wetan. Selain itu, koleksi buku yang dimiliki Dispusip cukup terbarukan dan beragam. Dispusip ini sebelas-dua belas dengan Dispusipda, banyak fasilitas tetapi versi down-grade. Namun, Dispusip Bandung tetap worth it untuk dikunjungi, kok!

Tobucil & Klabs

Tempat rekomendasi selanjutnya adalah Tobucil & Klabs yang terletak di Jalan Panaitan 18, Bandung. Tobucil merupakan singkatan dari Komunitas Toko Buku Kecil. Tempat ini menyediakan buku tertentu untuk dibaca secara cuma-cuma, tetapi juga menjajakan buku lain untuk dijual. Akan tetapi, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan literasi.

Pitimoss Fun Library

Taman baca ini terletak di Jalan Banda No. 12, Merdeka, Sumur Bandung. Tempatnya cukup strategis dan dekat dengan jalan utama. Walaupun tidak semewah rekomendasi tempat sebelumnya, taman baca ini wajib dikunjungi sebab menyediakan ragam buku dan ruang baca yang cukup nyaman. Taman baca ini bermula dari koleksi pribadi para pendiri yang berkembang menjadi taman baca dengan pendekatan perpustakaan umum dan manajemen profesional.

Kineruku

Kineruku adalah toko buku yang mengusung konsep shop of reading and listening. Ada banyak produk musik seperti piringan hitam, kaset, dan cd dijual di Kineruku selain menjual buku. Kineruku juga menyediakan makanan dan minuman untuk pengunjung yang cocok untuk milenial. Dengan letak tempat di Jalan Hegarmanah, Kineruku menyajikan tempat baca dengan view pemandangan yang asyik. Koleksi buku bacaan yang dapat diakses gratis banyak pada bidang sastra, sejarah, dan filsafat. 

Demikianlah daftar rekomendasi perpustakaan yang wajib kamu kunjungi bila berada di Bandung. Semua tempat yang disebutkan sangan nyaman untuk membaca atau sekadar kongkow-kongkow sambil berdiskusi.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup