post image
Ilustrasi bisnis kafe.
KOMENTAR

Kafe merupakan salah satu tempat tongkrongan asik untuk menghilangkan rasa suntuk. Tidak hanya berkumpul, para pengunjung juga menghabiskan waktu di kafe untuk menghibur diri, membeli minum, dan mendengarkan musik. Jika kamu tertarik untuk mendirikan bisnis kafe, lakukan beberapa langkah berikut ini.

Membuat rencana bisnis

Membuat rencana bisnis merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan sebelum membuka bisnis kafe. Tanpa rencana, sebuah bisnis tidak akan terlaksana dengan baik. Catatlah mengenai jumlah modal yang diperlukan, tema, konsep, logo, dan nama kafe. Pikirkan mengenai furniture dan peralatan apa saja yang dibutuhkan serta tentukan target pasar.

Menulis rencana bisnis

Hal itu akan memudahkan kamu dalam mencapai visi dan misi. Selain itu, langkah ini juga berguna agar kamu terhindar dari kerugian. Karena dari catatan itu, kamu akan tahu apa yang harus dilakukan ketika kafe sepi.

Menentukan Nama

Nama merupakan identitas yang harus dimiliki sebuah bisnis kafe untuk membedakannya dengan pesaing lain. Selain itu, nama kafe juga bertujuan sebagai ciri khas agar kafe kamu dikenali. Carilah sebuah kata atau kalimat yang unik dan enak didengar. Kamu juga bisa menentukan nama kafe berdasarkan tema.

Merancang Konsep dan Tema

Setelah menuliskan rencana dan menentukan nama, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah merancang konsep dan tema kafe. Persiapkan konsep yang unik dan kreatif agar kafe berbeda dibandingkan kafe lain.

Selain itu tentukan juga furniture, desain, penataan cahaya dan letak furniture, dinding, lantai, dan lain sebagainya.

Menciptakan Logo

Selain nama, logo merupakan identitas penting untuk membedakan kafemu dengan kafe yang lain. Buatlah desain logo kafe dengan bentuk yang kreatif dan belum dipakai oleh perusahaan mana pun. Kamu dapat mencari inspirasi dan referensi dari internet atau menyewa seorang profesional yang ahli mendesain logo.

Menentukan Lokasi

Setelah keempat langkah di atas sudah dipersiapkan dengan matang, barulah tentukan lokasi kafe yang tepat. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau oleh target konsumen. Jika kamu memilih menyewa lokasi kafe karena modal terbatas, jangan lupa urus surat perizinan dengan lokasi tersebut agar tidak terjadi sengketa di pertengahan masa sewa lokasi.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup