post image
Perhatikan hal-hal penting saat membuat CV.
KOMENTAR

CV atau Curriculum Vitae merupakan komponen terpenting bagi kamu yang ingin melamar kerja. Singkatnya, CV adalah hal pertama yang mempresentasikan diri kamu di mata recruiter.

Namun tahukah kamu bahwa banyak sekali surat lamaran yang diacuhkan HRD, bahkan tidak dibaca secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan kualitas CV kurang menarik. Lantas, bagaimana agar CV kelihatan menarik?

Lakukan Job Search

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah job research atau mencari informasi mengenai perusahaan dan jenis pekerjaan yang kamu minati. Karena teknologi semakin canggih, kamu bisa mencarinya melalui internet atau menanyakannya kepada teman-teman dan kenalan.

Setelah informasi terkait persyaratan bekerja terkumpul, catatlah hal-hal yang dibutuhkan, seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan, usia, dan pengalaman bekerja. Selain itu, kamu juga harus mencari tahu visi misi, nilai-nilai, serta etos kerja dari perusahaan tersebut.

Ketahui Isi CV pada Umumnya

Kualitas merupakan hal pertama yang dinilai HRD. Buatlah CV dengan susuan yang berurutan agar kualitas kamu di mata HRD tidak berkurang. Pada umumnya, isi yang ada di dalam sebuah CV antara lain : - Identitas diri Mencakup nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat rumah, dan nomor telepon. - Pendidikan Kamu tidak perlu mencantumkan keseluruhan riwayat pendidikan.

Cukup menulis pendidikan terakhir, jurusan, dan IPK. - Personalitas Merupakan deskripsi singkat mengenai karakter diri. - Pengalaman kerja Jika sebelumnya kamu pernah bekerja atau mendapatkan penghargaan, tulislah di CV untuk menjadi bahan pertimbangan HRD. - Pelatihan Terbaru Berupa pelatihan yang telah diikuti selama 2-3 tahun terakhir. Informasi lain mengenai diri Anda Seperti hobi, atau hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan.

Mulailah membuat CV

Relevansi isi dan desain merupakan hal yang harus dipertimbangkan agar CV kelihatan menarik. Tidak perlu membuat desain yang colorful, cukup mudah dibaca, minimalis, dan rapi. Kamu bisa mencari referensi CV menarik dari berbagai sumber, salah satunya internet.

Baca Ulang CV

Setelah CV selesai dibuat, cobalah baca kembali barangkali ada kesalahan yang harus diperbaiki, seperti tata bahasa dan ejaan yang salah, kalimat tidak jelas, dan kesalahan-kesalahan lain. Usahakan menggunakan kata-kata dan kalimat sesuai kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup