post image
Tips agar lolos dari pemeriksaan imigrasi.
KOMENTAR

Pemeriksaan imigrasi merupakan salah satu tahap yang harus kamu lewati ketika ingin berlibur ke luar negeri. Tidak dapat dipungkiri jika berhadapan dengan petugas imigran di bandara dapat membuat seseorang merasa grogi karena takut ditolak masuk.

Alangkah baiknya kamu mengurusi persyaratan-persyaratan imigrasi terlebih dulu serta berkonsultasi dengan immigration lawyer. Kamu juga bisa mengikuti beberapa tips berikut ini agar lolos melewati tahap pemeriksaan imigrasi.

Persiapkan Syarat-syarat

Jika ingin berlibur ke luar negeri, pastikan bahwa paspor yang kamu miliki masih berlaku setidaknya 6 bulan sebelum kadaluwarsa.

Siapkan juga dokumen-dokumen penting yang akan diperiksa oleh petugas imigrasi bandara seperti visa, tiket pulang pergi, serta dokumen lain yang menjelaskan biodata diri kamu.

Tunjukkan Nominal untuk Liburan

Petugas imigrasi biasanya akan memeriksa kemampuan finansial kamu. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa kamu bisa membiayai segala kebutuhan selama berlibur hingga pulang lagi.

Bawalah dokumen berupa rekening bank atau kartu kredit. Jika kamu seorang pegawai, sebaiknya bawa tanda pengenal pegawai atau surat keterangan yang sudah ditandatangani atasan.

Bicara Jujur pada Petugas

Jujur merupakan kunci kesuksesan seseorang dalam mencapai sebuah tujuan, termasuk juga lolos pemeriksaan tahap imigrasi. Bicaralah jujur atas semua pertanyaan yang diajukan petugas imigrasi.

Jangan pernah sekali-kali berbohong karena petugas imigrasi akan merekam semua pernyataan kamu untuk disesuaikan dengan latar belakang sebenarnya. Jika kamu berbohong, maka akan ditolak masuk.

Menyerahkan Semua Syarat dan Dokumen Lain Secara Bersamaan

Biasanya petugas imigrasi hanya akan melihat syarat dasar saja dan mengajukan sedikitnya dua pertanyaan, lalu kamu diperbolehkan masuk. Namun ada juga yang merasa kesulitan masuk karena tidak dapat memenuhi dokumen pendukung yang diminta petugas.

Maka dari itu, sebaiknya kamu menyerahkan persyaratan serta dokumen lain secara bersamaan.

Berpenampilan Pantas dan Percaya Diri

Penampilan merupakan hal pertama yang mempresentasikan diri seseorang. Jika kamu ingin berhadapan dengan petugas imigrasi bandara sebaiknya jangan gunakan pakaian yang berlebihan atau tidak pantas. Pakailah pakaian yang menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang pantas dihormati.

Jawablah pertanyaan dari petugas dengan percaya diri namun tetap hormat. Berikan jawaban yang konsisten dan tidak bertele-tele. Nah, itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan agar lolos pemeriksaan imigrasi saat liburan ke luar negeri.

Sekali lagi, jawablah pertanyaan petugas dengan jujur dan percaya diri.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup