post image
Ilustrasi seorang sedang melakukan presentasi.
KOMENTAR

Mengikuti konferensi internasional merupakan impian bagi sebagian orang. Selain menambah pengalaman berharga, keikutsertaan dalam konferensi internasional juga dapat memperluas pergaulan, menambah wawasan, kunjungan ke negara lain, serta bertukar cara pikir dan ilmu dengan beragam orang. Umumnya, konferensi internasional diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Untuk kamu yang ingin oral presentation di konferensi internasional, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

Cari Konferensi sesuai Bidang Ilmu

Meski jumlah keseluruhan konferensi internasional yang diselenggarakan di dunia sangat banyak, namun konferensi internasional yang sesuai dengan bidang ilmu kamu berjumlah terbatas.

Carilah 5 hingga 6 konferensi internasional yang spesifik dengan bidang ilmu kamu, hal ini bertujuan agar kamu dapat mempresentasikan karya pada orang-orang dengan latar belakang yang sama.

Daftar Website Konferensi

Mendaftar website konferensi merupakan cara efektif untuk mengetahui informasi seputar penyelenggaraan konferensi internasional. Biasanya website konferensi akan memberitahu konferensi internasional mana saja yang akan diselenggarakan berdasarkan waktunya.

Menyiapkan Karya Ilmiah

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan karya ilmiah. Bagi sebagian orang, menyiapkan karya ilmiah merupakan tahap yang paling berat karena prosesnya tidaklah mudah. Sebelumnya kamu akan diminta untuk membuat abstrak terlebih dulu sekitar 500 kata dengan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.

Jika tulisan abstrak diterima, barulah kamu mulai membuat karya ilmiah. Umumnya, karya ilmiah disubmit sekitar 2 minggu hingga 1 bulan sebelum konferensi diselenggarakan.

Latihan Oral Presentation

Oral presentation merupakan hal yang paling menegangkan terutama bagi kamu yang belum terbiasa. Rasa gugup dan grogi pasti akan mendominasi, apalagi ketika sedang sesi tanya jawab. Maka dari itu, berlatihlah agar presentasi berjalan secara maksimal.

Kamu bisa latihan presentasi di depan teman-teman atau orang sekitar dan meminta kritik saran yang membangun.

Smart Funding

Perlu kamu ketahui bahwa dalam mengikuti konferensi internasional biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit, mulai dari tiket pesawat, biaya administrasi, penginapan, transportasi, konsumsi, dan lain-lain.

Maka dari itu, smart funding sangat penting untuk mensiasati pengeluaran-pengeluaran tersebut. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu meminta dukungan dari pihak kampus berupa keuangan.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup