post image
Efektif melakukan pekerjaan domestik (Foto: finansialku)
KOMENTAR

Sejauh ini, kita hidup di zaman ketika ibu kita sudah mulai membagikan tugas-tugas rumah tangga kepada penghuni isi rumah. Hal itu sangat menarik! Pasalnya, aktivitas rumah tangga yang dibangun oleh para ibu memang menghasilkan kata ‘bisa’ pada anak-anaknya. Terlebih, para ibu menginginkan kita jauh dari kata manja! Setidaknya, hal-hal dasar memang perlu kita mampu melakukannya. Contohnya, menyapu, mengepel, membereskan rumah, menyiram tanaman, menyuci baju, dan hal domestik lainnya.

Fakta uniknya adalah kegiatan domestik seperti ini memiliki ilmu tersendiri, loh! Berikut merupakan 4 tips ilmu domestik yang wajib kita ketahui bersama:

Menyimpan Rempah dan Sayur

Kita sering membeli sayur dan rempah di pasar atau supermarket, kan? Tetapi, sering sekali kita langsung menyimpan sayur dan rempah tersebut di dalam kulkas. Nah, the first thing to do! Kita pastikan semua sayur dan rempah dicuci terlebih dahulu. Kita sudah tahu, pasti di sana banyak bakteri yang menempel. Setelah itu, penyimpanan sayur seperti bayam, kangkung, caisim, dan semacamnya simpan di wadah tertutup yang diberi alas tisu. Wajib pakai tisu, ya! Tisu ini berfungsi untuk membuat si sayur lebih tahan lama, loh! Begitupun dengan rempah seperti bawang-bawangan dan cabai. Kupas kulit bawangnya, cabut batang cabainya, cuci bersih, lalu simpan di tempat yang berbeda dengan sayur. Tetap diberi alas tisu, ya! Kamu akan punya stok sayur dan rempah dijamin awet!

Menyimpan Daging

Daging sebagai kebanggan kita semua! Jika kamu suka membeli bermacam-macam ikan dan daging, pastikan kamu harus tahu cara menyimpannya agar tetap segar. Cukup dengan mencuci daging dan ikan sampai bersih, lalu simpan di wadah tertutup. Uniknya, simpan saja setengah potong jeruk nipis di wadah yang sudah berisi daging atau ikan tersebut. Simpanlah di kulkas. Dijamin, dagingmu akan lebih fresh!

Food Preparation

Pada bagian ini, apabila kamu ingin makan tetapi dalam penyajian cepat, kamu bisa melakukan Food Preparation! Buatlah 2-3 jenis makanan yang kamu suka, lalu kamu bisa buat untuk 7 hari kedepan. Kamu bisa memulainya dengan membuat nasi dan lauk, lalu sediakan porsi untuk 7 hari kedepan. Simpan di wadah-wadah makananmu, layaknya kamu ingin membuat bekal. Bisa juga, kamu membuat camilan favoritmu, smoothies misalnya. Lalu, simpan di kulkas. Apabila lapar melanda, kamu tinggal ambil dan makan!

4. Pakai Storage Box

Berbicara belanja bulanan, pasti akan banyak sekali kemasan-kemasan yang akan menumpuk. Kita bisa pastikan kemasan itu akan menjadi sampah. Daripada kita terus membuka satu bahan makanan, lalu masih tersisa, dan melipas kemasan tersebut dengan ‘karet gado-gado’.

Alangkah lebih baik, rapi, dan indah menggunakan storage box! Storage box ini berfungsi merapikan segala jenis makanan yang kita punya. Masukan tiap jenis bahan makanan seperti penyedap rasa, jenis tepung, minuman rasa, kopi, susu, dan sebagainya ke dalam storage box masing-masing. Lalu buang kemasan tersebut. Jangan lupa untuk selalu diberi nama jenis bahan makanan di setiap box nya.

Okay, kira-kira seperti itu langkah-langkah agar rumah kita tetap rapi, bersih, dan lucu! Hehe~ Tidak harus jadi ibu rumah tangga dulu untuk memulai kebiasaan baru ini, loh! Kita bisa saling memberi tahu ibu masing-masing atau penghuni rumah lainnya agar sama-sama menjaga kefektifan bekerja di ranah domestik. Dijamin, rumahmu akan lebih rapi dan ibumu senang dengan ide barumu ini.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup