post image
Sources by Google
KOMENTAR

Hai, Altered Body , Maps and the Cinematic Sensorium adalah bab yang berisi eksplorasi pada pemetaan dari bagian tubuh manusia secara fisik yang berawal mula dari haptics.

Haptics adalah sebuah ilmu yang mengaplikasikan sensasi sebuah sentuhan ke dalam interaksi seorang manusia dengan sebuah komputer. Sistem sensorik haptics memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer dan menerima umpan balik yang dapat dirasakan dengan indra peraba manusia.

Eksplorasi tersebut juga memanfaatkan pengalaman synaesthesia. Sebenernya synaesthesia adalah sebuah gangguan indera dimana kondisi tersebut membuat seseorang dapat mendengar warna dan melihat suara, dalam bab ini hal tersebut menjadi sebuah eksprimental dengan menggunakan materi-materi yang menggunggah hal tersebut, salah satu contohnnya adalah BWO.

Pada film Puce Moment yang di-release pada tahun 1949 oleh Kenneth Anger, mereka menggunakan pendakatan tersebut untuk mendapatkan sensasi sensorik, tetapi bagi Kenneth BWO tidak secara fundamental bahwa hanya sekedar badan tanpa organ saja, agar eksperimentalnya tidak terbatas papda sifat fisiknya saja.

Bagian dalam ini juga membahas mengenai Stan Brakhage, seorang pembuat film independen yang menolak merubah visinya mengenai pembuatan film dengan alasan kritikan dan koreksi dari penonton.

Stan Brakhage membangun film yang memiliki substansi dengan visual yang lebih menunjung tinggi nilai estetika, Brakhage lebih mengedepankan afektif kapasitas dari sepasang mata dengan fokus dalam merepresentasikan sebuah pesan. Brakhage mengeksplorasi probabilitas organ sebagai tambahan fisik dan sebagai alat untuk merepresentasi  pada afektif dan presepsi.

Bab ini memang mendorong kita dalam memberikan pesan-pesan persuasif bahwa rangsangan dan sensasi secara virtual adalah suatu hal yang dibutuhkan, Meskipun adalah penentangan dan penilaian bahwa rekonseptualisasi tubuh yang dilakukan oleh Gillews Deleuze dan Felix Guattari mengenai tubuh sebagai anorganik adalah sesuatu yang dianggap radikal dan kontroversi.

KOMENTAR ANDA

Peringati Peristiwa G30S, Ini 5 Fakta PKI yang Perlu Diketahui

Sebelumnya

Bukan Cuma Perempuan, Saintis Ungkap Laki-laki Juga Bisa "Datang Bulan"

Berikutnya

Artikel Sains