post image
Olahraga jadi salah satu cara agar tetap sehat selama di kostan aja
KOMENTAR

Berada jauh dari rumah tentu bikin anak kostan susah mengontrol pola hidupnya, apalagi di tengah-tengah pandemi seperti saat ini. Mulai dari asupan makanan yang kurang sehat, waktu istirahat yang seadanya, sampai kegiatan yang terlalu padat adalah faktor-faktor yang sering banget bikin anak kostan jatuh sakit. Kalau udah sakit malah makin tambah repot. Biar tetap segar bugar meski kamu merantau, lakukan hal-hal di bawah ini, ya.

1. Minum air mineral minimal delapan gelas sehari

Minum air mineral sering dianggap sebagai hal yang sepele. Bahkan beberapa orang ada yang lebih sering minum minuman berasa ketimbang air mineral. Padahal asupan air mineral untuk tubuh kita sepenting itu, lho, karena berguna untuk mencegah dehidrasi, menjaga kesegaran kulit, dan melindungi kesehatan saraf, jaringan tubuh, otot, juga sendi. Biar kamu bisa tepat minum delapan gelas dalam sehari kamu bisa menjadwalnya dengan dua gelas setelah bangun tidur, satu gelas setelah sarapan, satu gelas setelah makan siang, satu gelas setelah makan malam, dua gelas disela-sela aktifitas harian, dan satu gelas sebelum tidur.

2. Perhatikan asupan gizi

Banyaknya kegiatan sering bikin kita lupa memerhatikan asupan gizi untuk tubuh kita. Padahal buat anak kostan hal ini penting banget. Walaupun susah untuk menemukan makanan yang sehat seperti masakan ibu di rumah, kamu bisa coba untuk memastikan adanya karbohidrat dan protein yang cukup dalam menu lauk paukmu. Pokoknya, jangan lupa makan sayur! Terus, hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol. Coba mulai dari kurangi makan gorengan, ya.

3. Sempatkan konsumsi buah

Kalau kamu repot harus mengupas atau memotong buah, kamu bisa beli jus buah untuk tetap memastikan adanya asupan buah untuk tubuhmu. Usahakan jangan banyak mencampur gula atau susu dalam jusmu, bahkan kalau bisa jangan ditambahkan sama sekali. Rasanya tetap enak, kok.

4. Rutin olahraga

Untuk bisa olahraga yang proper kamu nggak harus nge-gym, kok. Sebagai anak kostan yang mesti pandai berhemat, kamu cukup buka youtube di kostan lalu cari video zumba atau yoga, ikuti gerakannya, dan berkeringatlah. Kalau pingin olahraga di luar ruangan kamu bisa coba jogging atau bersepeda.

5. Tidur yang cukup

Meskipun besok ujian dan kamu harus belajar, meskipun deadline tugas cuma sampai besok pagi, meskipun streaming film sampai tengah malam menyenangkan, kamu tetap harus cukup tidur! Pastikan kamu menyisihkan waktu 6-8 jam dalam sehari untuk tidurmu. Biar besok berkegiatan kamu gak mudah lelah atau jadi mager.

6. Refereshing

Sering dengar kalimat “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, kan? Nah, kalimat itu memang betul banget. Kalau kamu udah mengatur pola hidup sebaik mungkin tapi kamu stress, tetap aja kamu nggak sehat. Makanya, sisihkan waktumu untuk refreshing. Meskipun sedang swakarantina kamu tetap bisa hang-out bareng teman lewat video call, streaming film atau drama, baca buku kesukaanmu, atau melakukan hobimu di akhir pekan. Pokoknya cari kegiatan positif yang bisa jadi mood booster-mu biar tetap bahagia dan sehat.

Mudah kan menjaga kesehatan meskipun di kostan aja? Yuk, mulai.

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup