post image
Image source : Freepik
KOMENTAR

Apakah kamu lebih banyak rebahan dan males-malesan dibandingkan produktif pada masa pandemik ini? Yuk bangkit dan lakukan aktivitas yang lebih positif :)

Pada masa pandemik COVID-19 ini tentunya setiap orang mengalami berbagai perubahan aktivitas, yang tadinya kuliah ke kampus, sekarang semua kegiatan berlangsung online dan #dirumahaja. yang tadinya tiap weekend main sama temen, sekarang gabisa kemana-mana kalau ngga penting-penting banget. Selama pandemik ini ada yang makin sibuk contohnya seperti tenaga kesehatan, ada yang tetep sibuk contohnya anak kuliah yang punya segudang tugas, namun ada juga yang gabut karena punya lebih banyak waktu luang sampai bingung mau ngapain lagi dirumah saking bosennya. Nah berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan supaya waktu luang yang kita punya lebih berfaedah, cekidot.

1. Baca Buku

Buat kamu yang seneng baca buku, pasti stay at home ini menjadi waktu yang pas untuk membaca seluruh buku yang tersimpan di rak tapi belum sempat dibaca kan? nah ini kesempatan yang bagus untuk melahap isi buku yang udah lama ga disentuh gara-gara kita terlalu sibuk ngantor atau nugas. Intinya jangan sampe bukunya cuman jadi pajangan aja ya guys.

Untuk yang ngga biasa membaca buku, boleh tuh challenge diri kalian untuk membaca setidaknya satu atau dua buku di masa pandemik ini. Dengan membaca buku, kita dapat memperkaya kosa kata, melatih konsentrasi, menambah wawasan, serta memperkaya sudut pandang kita akan suatu hal. Selain itu, membaca buku pun dapat mengurangi stress loh.  Daripada scrolling social media tanpa henti, mending sempatkan membaca buku untuk mengisi waktu luang yang ada! Sambil baca buku sambil ditandain juga kutipan-kutipan penting di buku tersebut. Dan boleh tuh bikin resensinya juga buat diterbitin di media online.

2. Declutter Barang

Dari pada gabut tidak jelas, lebih baik kita rapikan kamar dan kurangi barang-barang yang tidak diperlukan dirumah. Coba deh keluarkan seluruh pakaian dari lemari, lalu pisahkan pakaian yang sering digunakan dan pakaian yang jarang sekali digunakan. Untuk pakaian yang jarang digunakan daripada menumpuk (membuat penuh lemari) lebih baik pakaian tersebut disumbangkan pada yang membutuhkan atau bisa kalian jual lagi biar dapat uang.

Untuk yang hobi pakai make-up, jangan lupa declutter meja rias juga, Ya! pasti banyak tuh make-up yang udah lama ngga dipake atau bahkan kadaluwarsa, sehingga lebih baik disingkirkan atau dibuang. Bersihkan kemasan make-up agar tidak berdebu serta susun juga make up di meja rias agar rapi.

Kalau udah berhasil declutter barang rasanya bakal puas banget, jadi jangan males dilakuin yah! untuk lebih lengkapnya tentang bersih-bersih, kalian bisa baca bukunya Marie Kondo yang berjudul “The Life-Changing Magic of Tidying Up”.

3. Seminar Online

Sekarang ini banyak sekali seminar online yang diselenggarakan, dan ngga sedikit juga yang gratis loh. Alangkah lebih baik kalau kita ikut join supaya dapat  menambah ilmu pengetahuan. Cukup duduk manis dirumah dan stay depan gadget untuk mengikuti seminar online, jangan lupa manfaatkan juga kuota gratis yang sekarang banyak bertebaran.

4. Belajar Masak

Manfaatkan kondisi stay at home ini untuk dapetin ilmu memasak sebanyak-banyaknya dari Mama. Kalau perlu catat resep masakannya di buku khusus beserta detail lengkap cara pembuatannya. Belajar memasak juga bisa didapatkan dari Youtube.

Banyak sekali resep-resep sederhana yang mudah kita praktikkan dirumah. Cukup ketik keywords resep masakan yang kamu mau dan alhasil bakal banyak info cara pembuatannya di Youtube. Jangan lupa hasil masakannya di posting di instagram dan bagi resepnya ke temen-temen supaya mereka bikin juga!

Oiya buat yang suka camilan atau dessert, boleh tuh coba bikin silky pudding, churros, atau bola-bola susu, atau dessert box. Kalau cita rasanya sudah oke kan bisa jadi ide bisnis untuk nambah uang jajan.

5. Olahraga

Ngerasa suntuk banget ya dirumah terus? coba deh evaluasi apa kalian jarang olahraga? nah olahraga itu dapat memicu pelepasan hormon dopamine, endorphin, oksitosin, dan serotonin yang dapat bikin kita seger dan bahagia. Ga percaya? coba deh praktekin dulu, jangan lupa olahraga nya disesuaikan dengan kondisi tubuh ya! Dan kalau mau sehat, atur juga pola makan yang baik.

6. Membuat Kerajinan dan Hal Kreatif Lainnya

Dari pada melamun, lebih baik bikin karya! berikut ini contohnya :

  • Melukis di canvas, terus dipajang deh di dinding kamar
  • Bikin kotak penyimpanan barang dari kardus bekas, biar lucu lapisin pakai kertas kado ya!
  • Bikin pembatas buku sendiri (biar nambah semangat baca buku)
  • coba deh search ‘jar ideas’ di pinterest, bakal banyak kreasi  menggunakan jar yang bisa kalian dicoba dirumah.

Pasti kalian punya lebih banyak ide kreatif lainnya dirumah, jadi langsung praktikan ya, boleh di share juga siapa tau orang lain terinspirasi untuk bikin juga!

7. Mempelajari Sesuatu yang Baru

  • Belajar desain poster
  • Belajar edit video
  • Belajar make-up
  • Belajar jahit baju
  • Belajar merajut
  • Belajar alat musik
  • Belajar bahasa asing
  • belajar menanam sayur hidroponik

Belajar apalagi ya? ternyata banyak banget yang bisa kita pelajari selagi #dirumahaja. Oiya kalian juga bisa menggambar lewat handphone, cukup download aplikasi “ibisPaint X” kalian bisa asah kemampuan menggambar kalian.

8. Nonton film tentunya boleh kok, tapi….

Boleh nonton drama atau film, tapi sebisa mungkin tetep atur waktu sebaik mungkin supaya tidak meninggalkan kewajiban kita yang lain. Satu tips lagi supaya nontonnya lebih berfaedah ialah dengan menggunakan subtitle inggris (bagi yang ingin sekalian belajar bahasa inggris) atau bahkan gausah pakai subtitle samasekali untuk melatih kemampuan listening. Dan lebih baik lagi kalau kita review film yang udah ditonton untuk diposting di blog. Alhasil ga cuman nonton film aja tapi kita juga dapat mengasah kemampuan lainnya.

9. Dekor Kamar

Untuk inpirasi dekor kamar bisa banyak kalian temui di Pinterest. Selain mengasah kreativitas, mendekorasi kamar akan membuat happy! Bisa juga tuh ajak orang rumah buat ngasih masukan untuk dekorasi kamar kalian. Punya dekorasi kamar yang indah memang bikin seneng, tapi yang paling penting ialah punya kamar yang rapi dan bersih, supaya istirahat kita menjadi lebih nyaman.

10. Nulis Artikel

Nah, salah satu cara buat ngisi waktu luang ialah dengan menulis, baik itu puisi, cerpen, atau artikel. Dengan menulis, kita dapat melatih menuangkan pikiran kedalam bentuk tulisan, tidak selalu mudah memang. Tapi semakin banyak dilatih maka akan semakin terasah. Sekarang banyak platform-platform yang menerima artikel untuk dipublish. Kalian bisa mengirimkan karya tulis kalian tersebut dan menebarkan manfaat untuk pembaca.

Wah banyak banget ya kegiatan-kegiatan yang bisa kita praktekin dirumah supaya nggak bosen. Yang pasti refreshing itu perlu, tapi jangan sampai menghalangi produktivitas kita untuk melakukan hal positif lainnya. Semoga tips-tips-nya dapat berguna ya. Tetap semangat dan sehat selalu! :)

KOMENTAR ANDA

Dosen FKG Unpad Beri Tips Obati Sakit Gigi yang Bisa Dilakukan Sendiri

Sebelumnya

5 Jenis Sayuran Hijau Paling Sehat

Berikutnya

Artikel Gaya Hidup