post image
Domba Texel. /Pinterest
KOMENTAR

Seekor domba bernama Double Diamond terjual di tempat penjualan hewan ternak, Skotlandia dengan harga fantastis yang sanggup bikin geleng-geleng kapala. Ya, domba itu dihargai 490 ribu dolar AS atau setara dengan Rp7,1 miliar.

Double Diamond adalah seekor domba Texel. Domba Texel adalah jenis yang berasal berasal dari Pulau Texel di Belanda. Mereka memiliki tubuh yang berotot dan menghasilkan daging tanpa lemak yang berkualitas tinggi.

Pemiliknya, Charlie Boden dan keluarganya dari perkumpulan olahraga di Cheshire, memutuskan untuk menjualnya.

Dikutip dari The Guardian, Double Diamond memiliki kualitas yang sempurna. Tubuh kencang, kepala sempurna, dan warna emas dibalik bulu-bulunya yang lebat.

Kualitas yang dimiliki domba Texel membuat Jeff Aiken, salah satu dari tiga peternak yang bergabung, rela membayarnya dengan harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seekor domba sepanjang sejarah manusia.

Berdasarkan rumor yang beredar, Jeff Aiken sudah mengincar Diamond selama beberapa pekan sebelum akhirnya terjual.

“Kami tahu ini akan menjadi sesuatu yang sangat istimewa. Dia hewan yang luar biasa, didukung oleh semua genetika terbaik,” ujar Aiken kepada The Guardian.

Aiken dan dua mitranya akan berbagi kepemilikan atas Diamond. Ia akan ditempatkan pada tiang, dipasangi bendungan untuk harga premium. Seiring bertambahnya usia, sperma Diamond akan dikumpulkan dan digunakan untuk inseminasi buatan.

Hal tersebut tidaklah aneh. Berdasarkan penuturan Aiken, hal itu sama seperti bisnis-bisnis lainnya yang memanfaatkan kemajuan ilmu Biologi tentang rekayasa genetika.

Menjual ternak di pelelangan merupakan tradisi warga desa di Inggris Raya. Alat ukur yang digunakan yaitu guinea. Satu guinea diterjemahkan menjadi sekitar 1,40 dolar atau sekitar Rp20 ribu.

Walaupun demikian, ini bukan pertama kalinya seekor domba dijual dengan harga yang bikin geleng kepala sampai pegal linu.

Sebelumnya, rekor tertinggi untuk penjualan domba sebesar 307.000 dolar AS atau sekitar Rp4,5 miliar. Rekor itu disematkan kepada seekor domba bernama Deveronvale Perfection pada 2009.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual