post image
Infeksi corona di Kabupaten Kuningan sentuh angka nol (Foto: Pixabay)
KOMENTAR

Beberapa wilayah di Indonesia menunjukkan kemajuan dalam upaya penghentian penyebaran Covid-19. Selain tidak ada penambahan kasus positif, pasien yang masih dalam perawatan pun satu per satu sembuh. Seperti yang terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, satu orang pasien positif Covid-19 yang tersisa tekah dinyatakan sembuh, sehingga saat ini Kuningan nol kasus Covid-19.

Kondisi tersebut diketahui setelah seorang pasien yang tersisa tersebut dua kali menjalani uji swab dan hasil kedua tesnya negatif. Dengan begitu pasien dinyatakan telah sembuh dari virus Corona. Kabar ini tentu membawa kebahagiaan bagi seluruh pihak, terutama warga Kabupaten Kuningan.

Dilansir dari Kumparan.com pada Senin (29/6/2020), Agus Mauludin, Juru Bicara Crisis Center Covid-19 Kabupaten Kuningan, dalam keterangan persnya mengumumkan, “Alhamdulillah di Kabupaten Kuningan sudah zero case untuk positif swab,”.

Meski begitu, Agus mengingatkan masyarakat Kuningan untuk jangan lengah, sebab saat ini kasus reaktif Covid-19 masih ada, bahkan terjadi peningkatan kasus. “Kasus reaktif Covid-19 memang ada kenaikan, meski tidak terlalu signifikan. Mudah-mudahan bisa segera sembuh juga,” harap Agus, dikutip dari Kumparan.com, Senin (29/6/2020).

Agus pun membeberkan, jumlah total kasus reaktif yang tercatat hingga saat ini yaitu 55 orang, terdiri dari 30 orang sembuh, 5 orang meninggal, dan 20 orang masih dalam pengawasan. Data itu belum termasuk 12 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 23 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Kalau kasus terkonfirmasi positif Covid-19 totalnya 16 orang. Sebanyak 14 orang dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal dunia,” ujar Agus, masih dikutip dari Kumparan.com. Agus pun mengingatkan agar masyarakat tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Sebelum berkegiatan di luar rumah, pastikan seluruh persiapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) telah terpenuhi.

“Paling penting jaga kesehatan dan olahraga demi meningkatkan imunitas tubuh. terapkan pola hidup bersih dan sehat, patuhi protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, mengenakan masker, dan hindari kerumunan,” ujar Agus.

Meskipun Jawa Barat sudah mencabut status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Agus menyatakan, petugas akan tetap bertugas memantau dan mengawasi kondisi di lapangan. Ia kembali mengingatkan, tetap rajin cuci tangan, bekali diri dengan hand sanitizer, dan terapkan jaga jarak ketika beraktivitas di luar rumah.

“Meski nanti PSBB akan dicabut, kami petugas dari gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 tetap akan melakukan pemantauan.” tutup Agus.

KOMENTAR ANDA

57 Pelaut Argentina Terinfeksi Virus Corona di Laut, Penyebabnya Masih Menjadi Misteri

Sebelumnya

Tim Peneliti Unpad Prediksi Angka Kasus Covid-19 Terus Bertambah

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual