post image
Jalanan di Kota Bandung kembali ditutup (Foto: Suara)
KOMENTAR

Seiring dengan penerapan PSBB proporsional, warga Bandung perlahan-lahan sudah bisa beraktivitas di luar rumah dengan lebih leluasa meski tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti wajib memakai masker, rajin cuci tangan, dan tidak berkerumun. Beberapa ruas jalan yang sebelumnya ditutup saat PSBB pun telah dibuka kembali.

Namun, dilansir dari jabar.suara.com, pemerintah kota Bandung kembali menutup sejumlah jalan akibat lonjakan kasus Corona di kota Bandung baru-baru ini. Penutupan tersebut mulai dilakukan pada hari Rabu (24/6/2020) sejak pukul 21.00 hingga 06.00 WIB.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo menjelaskan, penutupan kembali sejumlah ruas jalan di kota Bandung mulai Rabu malam disebabkan oleh peningkatan kasus virus Corona.

"Betul, akan ditutup mulai malam ini di salah satu ring 1. Baru dibahas kalau untuk ruas jalan lain. Ada beberapa yang ditutup karena tingkat penyebaran Covid-19 bertambah. Jadi penutupan ini sebagai warning ke masyarakat,". Ujar Bayu, dikutip dari jabar.suara.com, Rabu, 24 Juni 2020.

Sedangkan tempat publik lainnya seperti tempat makan, pada masa PSBB proporsional ini sudah boleh melayani pembeli yang hendak makan di tempat. Begitu pula dengan pusat perbelanjaan yang kini telah dibolehkan untuk beroperasi kembali. Tapi kedua tempat tersebut tetap harus menerapkan protokol kesehatan dan membatasi jumlah pengunjung.

Sayangnya, pelonggaran ini justru membuat warga lengah. Bayu mengungkapkan, saat ini justru banyak warga yang tidak lagi menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Contohnya di kawasan jalan Asia Afrika dan Alun-Alun, selama PSBB proporsional ini justru semakin banyak warga berkerumun.

"Iya, banyak yang berkerumun. Makanya dengan penutupan ini sebagai warning bahwa penularan Covid-19 masih terjadi,". Kata Bayu, dikutip dari jabar.suara.com, Rabu 24 Juni 2020.

Sebelumnya, jalan Asia Afrika telah ditutup pada masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maksimal. Namun jalan bersejarah ini kembali dibuka ketika kota Bandung menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional.

Tapi mulai Rabu, 24 Juni 2020, jalan ini akan kembali ditutup mulai dari pukul 21.00 sampai 06.00 WIB akibat lonjakan kasus Corona di kota Bandung. Selain jalan Asia Afrika, beberapa ruas jalan lain di kota Bandung pun rencananya akan ditutup kembali. Jalan-jalan tersebut antara lain jalan Braga, jalan Dago, dan jalan Merdeka. Meskipun begitu, saat ini masyarakat masih bisa melewati jalan-jalan tersebut setelah pukul 06.00 hingga sebelum pukul 21.00.

KOMENTAR ANDA

Jelang Liga 1, Para Pemain Persib Jalani Tes Swab Didampingi Ridwan Kamil

Sebelumnya

Mental dan Pola Pikir Adalah Kunci

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual