post image
Barista adalah salah satu kerja part time yang cocok untuk mahasiswa (Foto: Torch Coffee)
KOMENTAR

Mahasiswa tentu memiliki kebutuhan finansial yang tinggi. Biaya kuliah, sewa indekos, penelitian, buku, dan hal-hal lain yang menunjang kegiatan akademik. Selain beasiswa, cara lain untuk meringankan kebutuhan finansial ini adalah dengan menjajal pekerjaan paruh waktu atau part time .

Tidak sedikit mahasiswa yang memutuskan untuk kerja paruh waktu guna memenuhi kebutuhan. Namun, mahasiswa harus cerdas dalam memilih kerja part time agar tidak bentrok dengan jadwal kuliah dan kegiatan kampus. Berikut adalah beberapa jenis kerja part time yang cocok untuk mahasiswa.

Penulis Lepas

Kegiatan menulis tentu akrab dengan mahasiswa sehingga pekerjaan sebagai penulis lepas patut untuk dicoba. Sebagai penulis lepas, mahasiswa bisa menyesuaikan jadwal menulisnya dengan jadwal kuliah. Selain itu, menjadi penulis lepas juga akan mengasah kemampuan menulis seorang mahasiswa yang akan bermanfaat untuk perkuliahan. Saat ini, kesempatan menjadi penulis lepas untuk media online cukup mudah ditemui. Kamu bisa mencarinya melalui jejaring media sosial atau portal pencari kerja.

Guru Privat

Jika memiliki kelebihan di bidang akademik, tak ada salahnya menambah pundi-pundi rupiah dengan menjadi guru les atau guru privat, baik di rumah atau di lembaga khusus. Selain itu, guru privat online pun sudah cukup marak di era digital ini. Jika dirasa jadwal kegiatan di kampus sangat padat, guru privat online bisa menjadi opsi tepat karena tidak perlu datang ke rumah siswa atau ke tempat les.

Barista

Tentu ada banyak kedai kopi di sekitar kampusmu, kan? Nah, menjadi barista di kedai kopi bisa juga menjadi pilihan. Tak hanya skill dan pengetahuan seputar kopi yang akan didapat tetapi juga teman dan jaringan yang luas. Biasanya, para pemilik kedai kopi memberikan keringanan waktu sehingga mahasiswa bisa menyesuaikan dengan jadwal pribadinya.

Admin Online Shop

Banyak online shop yang membutuhkan pegawai administrasi atau admin. Di tengah ramainya masyarakat yang gemar berbelanja online, peluang sebagai admin online shop bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan. Pekerjaan ini pun bisa dilakukan di mana saja sehingga memudahkan untuk mahasiswa yang ingin mencoba kerja paruh waktu. Kamu juga bisa membuka online shop sendiri jika memiliki modal yang cukup dan waktu yang luang untuk menekuninya.

Proofreader

Proofreader adalah orang yang bertugas mengoreksi naskah yang menckaup keseragaman bahasa, kesalahan penulisan, dan membuat naskah sesuai dengan standar ejaan. Pekerjaan semacam ini cocok untuk mahasiswa di jurusan bahasa dan sastra. Saat ini, beberapa media dan penerbit sudah banyak menerima mahasiswa untuk bekerja part time sebagai proofreader.

KOMENTAR ANDA

Jelang Liga 1, Para Pemain Persib Jalani Tes Swab Didampingi Ridwan Kamil

Sebelumnya

Mental dan Pola Pikir Adalah Kunci

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual