post image
Tubagus Fiki Chikara Satari
KOMENTAR

Tubagus Fiki Chikara Satari atau yang lebih dikenal dengan nama Fiki Satari merupakan seorang pengusaha distro di Bandung yang aktif juga di dunia politik Indonesia.

Ia merupakan merupakan anak kedua dari Dr.Ir. H. Tubagus Lily Satari, M.Sc. seorang pensiunan TNI-AU, dan PT Dirgantara Indonesia, hingga saat ini Tubagus Lily Satari masih aktif menjadi dosen di Universitas Pasundan. Ibu Fiki Satari adalah Dra. Hj. Endah S. Satari, seorang dosen sastra Jepang di beberapa kampus di Kota Bandung. Fiki menempuh pendidikan di Kota Bandung, setelah lulus dari SMAN 2 pada tahun 1994, ia mengambil gelar Sarjana Ekonomi di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, kemudian melanjutkan ke jenjang Magister Manajemen di kampus yang sama.

FIki memulai bisnis clothing dan distro sudah sejak tahun 1998, dia membuka distro Airplane dia berada dibawah asuhan CV Arrasy Stylisindo Aesthetic dengan bermodal uang Rp 300 Juta dan sempat mengalami suka duka dalam berbisnis clothing ini.

Seiring berjalannya waktu bisnis Fiki ini semakin berkmebang hingga akhirnya dia membuka toko dan outlet berjalan dengan nama Airbus One (Fashion Mobile Store) pada tahun 2006 lalu. Bus ini dirancang khusus untuk memajang aneka produk airplane, untuk melakukan jemput bola pembeli di beberapa SMA di bandung.

Setelah itu Airplane berkembang dengan membuka 3 gerai baru di Bandung dan menyalurkan produknya ke 94 distro di Indonesia. Fiki juga sering mensponsori beberapa band Indie Lokal yang membuat bisnis ini semakin berkembang.

Selain menjadi pengusaha distro FIki merupakan seorang Dosen Fakultas Ekonomi dari Universitas Padjajaran, Bandung, dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF) untuk periode 2013 hingga 2017.

Dia juga pernah menjabat sebagai Chairman KREATIVE INDEPENDENT CLOTHING KOMMUNITY (KICK) INDONESIA, Indonesian Local Independent Clothing and Distribution Outlet (Distro) Organization sejak tahun 2006.

Untuk karier politiknya Fiki sempat diusung oleh Partai PKB untuk menjadi Bakal Calon Wali Kota Bandung untuk periode 2018-2023. Pada tahun politik ini Fiki terpilih sebagai Direktur Konten untuk Tim Sukses Jokowi-Ma’ruf (01). Kini Fiki menjadi Staff Khusus Mentri Koperasi dan UMKM Indonesia.

Sumber : id.wikipedia.org dan tirto.id

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Alumni