post image
Sutardji Calzoum Bachri
KOMENTAR

Sutardji Calzoum Bachri, lahir di Rengat, Indragiri Hulu, 24 Juni 1941, adalah salah satu sastrawan Indonesia. Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sutardji Calzoum Bachri melanjutkan studinya ke Fakultas Sosial Politik Jurusan Administrasi Negara, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Pada mulanya Sutardji Calzoum Bachri mulai menulis di surat kabar dan mingguan di Bandung, kemudian sajak-sajaknya dimuat dalam majalah Horison dan Budaya Jaya serta ruang kebudayaan Sinar Harapan dan Berita Buana. Ia pernah menjadi redaktur rubrik budaya "Bentara" di Kompas. Selain itu, sejak 1979 ia menjadi redaktur Horison.

Pada tahun 1974, Sutardji Calzoum Bachri mengikuti Poetry Reading International di Rotterdam. Kemudian ia mengikuti seminar International Writing Program di Lowa City, Amerika Serikat dari Oktober 1974 sampai April 1975.

Dia menulis "Kredo Puisi" pada 30 Maret 1973. Manifesto itu diterbitkan di Horison pada Desember 1974. Di dalamnya, Sutardji menyatakan bahwa penciptaan puisi pada dasarnya pembebasan kata-kata yang berarti mengembalikan kata pada mulanya, yaitu mantra.

Karya

O, kumpulan puisi (1973)

Amuk, kumpulan puisi (1979)

Amuk Kapak, kumpulan puisi (1981)

Hujan Menulis Ayam, kumpulan cerpen (2001)

Beberapa sajaknya telah diterjemahkan Harry Aveling ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan dalam antologi Arjuna in Meditation (Calcutta, India), Writing from the World (Amerika Serikat), Westerly Review (Australia) dan dalam dua antologi berbahasa Belanda: Dichters in Rotterdam (Rotterdamse Kunststichting, 1975) dan Ik Wil Nog Duizend Jaar Leven, Negen Moderne Indonesische Dichters (1979).

Empat sajaknya yakni "Shang Hai", "Solitude", "Batu", dan "Tanah Air Mata" diterjemahkan ke bahasa Rusia dan dimuat dalam buku Mencari Mimpi. Puisi Modern Indonesia dalam Terjemahan Victor Pogadaev yang diterbitkan di Moskow pada tahun 2016 (hlm. 34-37).

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Artikel Alumni