post image
Hikmat Kurnia/Facebook
KOMENTAR

Hikmat Kurnia adalah seorang entrepreneur lulusan Ilmu Sejarah Universitas Padjajaran yang menjadi pendiri dan pemilik perusahaan Kelompok Agromedia, yakni sebuah kelompok usaha penerbit buku terbesar di Indonesia. Hikmat Kurnia juga menjadi Ketua IKAPI DKI Jakarta periode 2016-2021 dan Ketua Ikatan Alumni Unpad.

Hikmat Kurnia mendirikan Kelompok Agromedia pada 2001 dengan mempekerjakan seorang office boy dan kini memiliki 1.000 lebih karyawan. Hingga kini, usaha penerbitan yang didirikan olehnya telah berkembang pesat dan memiliki puluhan anak perusahaan penerbit buku yang memiliki fokus penerbitan masing-masing.

Sampai saat ini, Hikmat Kurnia aktif menjadi pembicara dalam acara perbukuan dan menggaungkan pentingnya literasi kepada publik. Dia juga memperjuangkan antisipasi pembajakan dan penghapusan pajak pada buku agar buku tidak mahal.

Sebagai seorang entrepreneur, Hikmat Kurnia menegaskan dalam berbisnis dibutuhkan mental yang kuat. Hampir tidak ada bisnis yang omzetnya naik terus. Suatu saat pasti turun. Saat turun itulah kita sedang diuji, seberapa kuat kita punya daya tahan.

Baginya, berbinis sebaiknya berprinsip jangan seperti lima jari tangan, modal itu jangan terlalu dipikirkan. Lima jari itu adalah mimpi, konsep, kompetensi, koneksi, modal dan komitmen.
Sebagai pengusaha dalam bidang perbukuan, Hikmat Kurnia menilai buku bukanlah sebuah produk yang layak dipajak. Buku sebagai sarana ilmu pengetahuan harusnya di dorong oleh pemerintah.

Sumber: id.wikipedia.org

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Alumni