post image
Oni diketahui sangat mengagumi sosok Kabayan dalam cerita budaya Sunda.
KOMENTAR

Oni Suwarman, lahir pada tanggal 5 Maret 1978 di Subang, Jawa Barat. Oni merupakan anggota DPD Dapil Jawa Barat Periode 2014-2019. Oni Suwarman atau akrab disapa Oni SOS melenggang ke Senayan untuk menjadi Senator periode 2014-2019. Bahkan Oni yang maju di Provinsi Jawa Barat itu berhasil meraih suara tertinggi dibanding calon-calon terpilih lainnya dengan 2.167.485 suara.

Pria kelahiran Subang itu memiliki misi untuk mengangkat budaya Sunda yang menurutnya saat ini masih sedikit promosinya dibandingkan dengan kebudayaan lain.

Bapak dari dua orang anak ini mengagumi sosok Kabayan yang merupakan representasi warga Jawa Barat yang diakuinya memiliki sifat jujur dan niat yang baik. Tabiat yang kini sudah jarang ditemui di antara wakil rakyat.

Sebagai wakil rakyat, Oni berjanji akan lebih banyak turun ke lapangan. Itu dilakukan untuk pemetaan pembangunan infrastruktur di desa yang kebanyakan ditelantarkan.

Selain itu, keinginan untuk mengerjakan sesuatu yang mewakili masyarakat itu pun diwujudkan dengan membentuk suatu organisasi kepemudaan. Dengan lembaga yang mewadahi para nonoman Sunda itu diberdayakan potensi yang dimiliki setiap anak muda. Impian itu bukan hanya isapan jempol belaka, sebab sejauh ini dia memiliki jaringan yang luas.

Penghobi catur ini memiliki misi agar Generasi muda dapat diberdayakan di sektor ekonomi kreatif. Dengan banyaknya generasi muda yang mengangkat seni budaya itu mereka akan lebih cinta Tanah Air.

Oni Suwarman terhitung juga memiliki banyak prestasi dan penghargaan di bidang seni di antaranya Juara 1 Lomba Bahasa Sunda SeJawa Barat (1991), Juara 1 Audisi Pelawak Indonesia di TPI (2005).

Selain itu Oni Suwarman juga banyak mewakili daerahnya untuk menjadi duta seni dan budaya ke kancah internasional diantaranya Duta Seni ke Malaysia (1999-2001), Duta Seni ke Perancis dan Belanda (2000), dan Duta Seni ke Rumania, Bulgaria, Hungaria (2002).

 

Sumber : Tirto.id

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Artikel Alumni