post image
Rumah Gurita di Bandung yang angker. /Lamudi
KOMENTAR

Selain terkenal sebagai kota Paris van Java, Bandung juga dikenal sebagai kota yang memiliki tempat angker. Tempat-tempat mistis tersebut biasanya diakibatkan historis bangunannya atau bangunan kosong yang sudah tidak digunakan.

Nuansa horor di kota besar memang selalu segar dan menarik. Ada semacam dualistik antara kemajuan zaman dengan hal-hal mistis yang selalu membuat kita penasaran, takut, sekaligus tertantang.

Bandung memiliki tempat-tempat seperti itu yang menyajikan nuansa horor urban. Berikut ini, 5 tempat angker yang ada di Bandung.

Villa Isola

Villa Isola yang terletak di Jalan Isola, Sukasari, ini terlihat megah nan klasik bila dikunjungi siang hari. Gedung dengan desain art deco ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang dibangun tahun 1932. Bangunan ini kini menjadi bagian bangunan kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan masih aktif digunakan.

Villa ini dulunya milik Dominique Willem Berrety, jutawan Belanda yang meninggal akibat kecelakaan pesawat. Berdasarkan warga sekitar,  di Villa Isola sering terlihat penampakan orang yang sedang berdansa. Penampakan anaknya yang bernama Anna juga terkadang menampakan diri.

Rumah Gurita

Rumah gurita terletak di Jalan Terusan Sukadamai I ini memiliki bangunan yang unik sebab ada patung gurita hitam besar yang dibangun di atas bangunannya. Bangunan ini dibangun pada tahun 1980-an.

Rumah ini dimitoskan karena fungsinya sebagai gereja. Mitos terkenal adalah menyatakan bangunan ini adalah tempat ibadahnya pengikut setan. Sebab itu, banyak penampakan makhluk halus dan nuansa angker yang dirasakan bila berada di tempat ini.

Bandung Medical Centre

Rumah sakit dari dulu mitosnya selalu tentang adanya makhluk halus penunggu. Bangunan rumah sakit yang memiliki ruang mayat dijadikan alasan untuk melabeli nuansa horor pada rumah sakit. Faktor lain adalah banyaknya catatan kematian atau orang yang meninggal di rumah sakit.

Bandung Medical Centre atau BMC juga demikian. Rumah sakit peninggalan Belanda ini terletak terletak di Jalan Haji Wasid No. 1, Lebak Gede, Coblong. Bangunan ini kini terbengkalai setelah sekian lama tidak beroperasi.

Mitosnya, tempat ini angker karena ada sosok mistis berupa seorang perempuan yang selalu menunjukan dirinya di ruangan bayi. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan pesugihan bagi orang-orang yang membuatnya makin angker.

Rumah Ambulans

Rumah yang terletak di Jalan Bahureksa ini terdapat sebuah ambulans yang terparkir di pekarangannya. Rumah ini pernah dijadikan film horor akibat mitos ambulans yang terkenal.

Mitosnya, ambulans ini pernah berkali-kali dipindahkan tetapi kembali lagi ke rumah ini. Selain itu, ambulans ini sering bergerak sendiri di malam hari.

Gua Belanda dan Gua Jepang   

Gua Belanda dan gua Jepang yang berada di Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda memiliki rekam jejak sejarah kolonial. Kedua gua ini dibangun atas paksaan pemerintah kolonial kepada kaum pribumi.

Kedua gua ini memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan senjata, rute melarikan diri bila keadaan darurat militer, dan tempat tahanan kaum pribumi. Akan tetapi, konon dikabarkan adanya penyiksaan tahanan kaum pribumi di bangunan ini hingga meninggal.

Tempat ini dikenal angker sebab nuansanya yang horor, gelap, dan historis. Mitosnya, sering terdengar suara derap sepatu tentara yang berjalan, suara teriakan minta tolong, dan suara tangisan. Ada pantangan pada tempat ini, yaitu tidak boleh mengucapkan kata “lada” sebab akan mendatangkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian 5 tempat angker di Bandung yang terkenal. Beberapa tempat yang disebutkan di atas boleh kamu kunjungi untuk wisata asalkan datangnya pada siang hari. Kalau kamu seorang penyandu adrenalin, kamu bisa datang ke tempat-tempat ini malam hari bila telah mendapat izin dari penjaganya.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Artikel Aktual