post image
Glenn Fredly/Net
KOMENTAR

Kota Ambon adalah salah satu Kota Musik dunia yang diakui oleh UNESCO bersama dengan 14 kota lainnya di dunia.

Ada tujuh syarat yang harus dipenuhi agar Ambon bisa menjadi Kota Musik Dunia. Di antaranya adalahi infrastruktur penunjang berupa penyediaan SDM, gedung pertunjukan seni, studio rekaman, dan sekolah musik.

Apalagi, musik merupakan bagian tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Ambon.

Indonesia berupaya memasukkan Ambon dalam daftar lewat berbagai cara yang dimulai dengan pencanangan Kota Ambon sebagai kota musik dunia pada 28 Oktober 2016. Bahkan, Ambon mendeklarasikan diri sebagai Kota Musik sejak 2011.

Kota Ambon menjadi kota musik pertama yang ada di kawasan Asia Tenggara. Salah satu tokoh yang berperan aktif dalam menjadikan Ambon sebagai Kota Musik adalah Glenn Fredly. Sosok musisi cerdas dan karyanya diakui sampai tingkat internasional.

Glenn memang bukan kelahiran Ambon. Namun darah Maluku mengalir di darahnya. Dalam kariernya yang panjang dan sangat sukses dia tidak melupakan tanah leluhurnya itu. Perjalanan karier Glenn yang cemerlang seakan membuktikan bahwa Ambon memang layak menjadi kota musik dunia belum lagi dengan banyak musisi lain yang juga berdarah Ambon.

Dengan ditetapkannya Ambon sebagai Kota Musik ini seakan menjadi pelengkap karier panjang Glenn yang harus menghembuskan nafas terakhirnya pada 8 April silam tepat 6 Bulan setelah Ambon dapat penghargaan.

Dalam benak hati dan ide penulis rasanya tidak berlebihan apabila di Ambon dibuatkan sebua monumen.

Penghargaan yang banyak, kecintaan pada Indonesia Timur bisa menjadi sebuah alasan yang kuat membangun monumen tersebut. Belum lagi bila kita menilai sisi kemanusiaan dan berbagai aktivitas positif yang dilakukan oleh almarhum.

Memang dia meninggalkan kita dalam tangis tapi kita mengenang dia dengan senyum bangga. Perannya untuk mengembangkan Ambon sangat luar biasa. Sebuah monumen untuk mengenang dia akan lebih membanggakan.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Artikel Aktual