post image
KOMENTAR

BIODATA

Lahir: 4 April 1960
Kebangsaan: Indonesia
Pendidikan:
Universitas Padjajaran
University of Chicago Law School
Universitas Indonesia

Pekerjaan: Kepala Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK)

PROFIL

Dian Ediana Rae adalah Doktor Bidang Hukum Ekonomi Keuangan dari Universitas Indonesia dengan predikat cumlaude. Master bidang Hukum Bisnis ditempuh di School of Law, University of Chicago, sedangkan pendidikan sarjana diraih di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran. Di luar pendidikan formal, ia juga pernah mengikuti International Law Course di Georgetown University, Washington DC, Amerika Serikat, dan Summer School for International Finance Law di Oxford University, Inggris. Program ASEAN Leadership Program yang diselenggarakan oleh Cambridge University juga pernah diikutinya pada tahun 2012 lalu.

Sebelum ditetapkan sebagai Wakil Kepala PPATK, ia merupakan pejabat karier di Bank Indonesia, dengan riwayat jabatan antara lain sebagai Direktur Eksekutif / Kepala Departemen Regional 1 (Sumatera), Direktur Eksekutif / Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VI (Jawa Barat - Banten), Kepala Kantor Perwakilan BI untuk Eropa di London, hingga Direktur Departemen Internasional BI.

Ia juga pernah menjadi anggota delegasi Indonesia dalam forum GATS/WTO, APEC, ASEAN, dan G-20 serta Legal and Trade in Services Advisor untuk Duta Besar RI untuk GATT/Uruguay Round, Jenewa, Swiss. Dalam perjalanan karirnya, ia aktif terlibat sebagai anggota Tim Penerbitan Global Bond, Sukuk, dan Kebijakan Utang Luar Negeri Swasta, termasuk menjadi anggota Tim Perumus Undang-Undang Perbankan Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

Buku-buku terkait dengan hukum dan ekonomi juga menjadi karya produktifnya, seperti buku "Transaksi Derivatif di Indonesia", "Pinjaman Luar Negeri Indonesia", dan "Menjinakkan Metakuasa Global". Kapasitasnya di bidang hukum dan ekonomi juga membuatnya aktif menulis serta menjadi pembicara di forum nasional maupun internasional, sekaligus menjadi Dosen Luar Biasa di Universitas Indonesia dan Universitas Tarumanegera.

Ia juga tercatat aktif di berbagai organisasi, seperti anggota Tim Koordinasi Perdagangan Jasa Departemen Perdagangan/Departemen Keuangan, pendiri Forum World Trade Organization (WTO) Forum Indonesia-Departemen Luar Negeri, hingga sebagai pendiri Pusat Hukum Ekonomi Islam. Ia juga pernah aktif sebagai Ketua Umum Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) selama dua periode.

Dian Ediana Rae ditetapkan sebagai Wakil Kepala PPATK untuk masa jabatan 2016–2021 dan diambil sumpahnya (dilantik) oleh Presiden pada 26 Oktober 2016. Pada 6 Mei 2020 Dian Ediana Rae dilantik sebagai Kepala PPATK yang baru oleh Presiden Joko Widodo.

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Artikel Alumni