post image
Irawati Hermawan
KOMENTAR

BIODATA

Lahir: 22 April 1969
Kebangsaan: Indonesia

Pendidikan:
Universitas Padjajaran (Sarjana Hukum, 1992)
Universitas Padjajaran (Kandidat Notaris, 1999)
Universitas Indonesia (Magister Hukum, 2007)
Universitas Padjajaran (Kandidat Doktoral, sedang berjalan)

Pekerjaan: Lawyer Infrastruktur

Suami: Bagus Karyanegara

Anak: Adellina Syariffa Karyanegara, Muhammad Akmal Yusuf, Muhammad Elang Adhyaksa
Mikaila Jessy Azzhara, Salma Aurelia

PROFIL

Irawati Hermawan dikenal sebagai lawyer di Indonesia yang pertama kali berhasil mentransaksikan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) infrastruktur. Setelah berhasil mentransaksikan proyek air minum Tangerang sebagai proyek KPBU pertama di Indonesia, ia pun mentransaksikan proyek-proyek mercusuar lainnya seperti proyek MRT, Proyek Palapa Ring Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur, Proyek Air Minum Bandar Lampung, Proyek Kereta Api Makassar Pare-pare dan masih banyak lagi.

Irawati Hermawan adalah Founder dan Managing Partner Hermawan Juniarto corporate law firm dengan 50 pengacara yang merupakan salah satu corporate law firm terbesar di Indonesia (Big 20). Ia juga merupakan equity partner pada salah satu institusi business consulting terbesar di dunia, yaitu Deloitte Touche Tohmatsu, Ltd. (Big 4).

Irawati merupakan salah satu dari sedikit lawyer di Indonesia yang menguasai aspek KPBU dalam infrastruktur, Sebelum berhasil mentransaksikan proyek-proyek infrastruktur dengan skema KPBU, bersama dengan Pemerintah dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Keuangan dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah turut membantu menyiapkan kerangka hukum, kerangka institusi dan kelembagaan terkait pembangunan dan pendanaan infrastruktur di Indonesia.

Istri dari Bagus Karyanegara dan Ibu dari lima anak yaitu Adellina, Akmal, Elang, Mika dan Salma tersebut aktif di berbagai organisasi disela-sela kesibukannya sebagai seorang leading infrastructure lawyer. Irawati aktif di kepengurusan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN INDONESIA) sejak kepemimpinan M.S. Hidayat, Suryo B. Sulistyo dan Rosan Abdulgani. Sekarang di KADIN INDONESIA ia menduduki jabatan sebagai Ketua Komite Organisasi Internasional Organisasi Konferensi Islam.

Selain aktif di KADIN INDONESIA, Irawati juga aktif sebagai Ketua Bidang Hukum di Dewan Pengurus Pusat Masyarakat Transportasi Indonesia (DPP MTI) dan merupakan satu-satunya lulusan hukum (S.H.) yang menyandang sertifikasi Ahli Transportasi Utama (ATU).
Dalam organisasi profesi hukum, Irawati menjadi anggota komite penguji lawyer asing yang akan berpraktek di Indonesia.

Lulusan Sarjana Ilmu Hukum Internasional dari Universitas Padjadjaran (UNPAD) ini mendedikasikan dirinya pada sivitas akedemika dengan menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA FH UNPAD periode 2015 - 2020.

KOMENTAR ANDA

Selamat Jalan Bung Candra

Sebelumnya

Kabar Duka, A.R Wahab Meninggal Dunia

Berikutnya

Artikel Alumni