post image
Menkes Budi Gunadi Sadikin saat berbicara di dalam webinar bertajuk "Vaksinasi Covid-19: Apa Yang Perlu Diketahui Para Tenaga Kesehatan?" yang diselenggarakan IKA Universitas Padjadjaran./Repro
KOMENTAR

Dalam waktu 15 bulan setidaknya 70 persen penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksin Covid-19. Ini Kementerian Kesehatan RI.

Demikian disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat menjadi Keynote Speaker dalam acara webinar bertajuk "Vaksinasi Covid-19: Apa Yang Perlu Diketahui Para Tenaga Kesehatan?" yang diselenggarakan  Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) pada Sabtu (9/1).

Budi Gunadi berharap dalam waktu 15 bulan vaksinasi sudah didistribusikan terhadap 70 persen dari populasi penduduk Indonesia. Target angkanya adalah 181 juta orang.

"Jadi, dari 269 juta orang di Indonesia yang di atas 18 tahun, itu ada 181 juta orang yang masuk kategori eksklusi; ibu hamil, komorbitnya tinggi, sudah pernah kena Covid-19," ujar Budi Gunadi.

Budi mengatakan, 181 juta orang yang akan divaksin itu terhitung untuk satu kali suntik vaksin.

Lebih lanjut dijelaskan Budi, jika dua kali suntik vaksin maka membutuhkan banyak vaksin. Apalagi, kalau ditambah 15 persen stok cadangan vaksin sebagaimana imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Jadi kita harus mengejar 246 juta dosis vaksin dalam waktu singkat agar kita bisa vaksinasi 181 juta rakyat Indonesia untuk mengejar 70 persen dari populasi," kata Budi Gunadi.

Selain Budi, turut hadir dalam acara webinar tersebut antara lain; Ketua Umum IKA UNPAD Irawati Hermawan, Dekan Fakultas Kedokteran UNPAD Yudi Mulyana Hidayat, Ketua IKA Fakultas Kedokteran UNPAD Lia Gardenia Partakusuma, dan alumni UNPAD yang lainnya.

KOMENTAR ANDA

IKA Unpad di Puncak Sibayak

Sebelumnya

Ketua ICCIA: Hadapi Pandemi Covid-19, Tak Ada Ruang untuk Pesimis

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual