post image
Penemuan peti mati dari masa Mesir Kuno yang berisi mumi pendeta, pejabat, dan kaum elit. /FOX News
KOMENTAR

Para arkeolog di Mesir telah mengumumkan salah satu penemuan paling dramatis dalam beberapa dekade setelah 59 sarkofagus tersegel ditemukan dari pekuburan kuno Saqqara, di luar Kairo.

Sisa-sisa mumi berusia hampir 2.500 tahun, dan lebih banyak lagi yang diperkirakan akan ditemukan dalam beberapa bulan mendatang.

Saqqara, 32 kilometer dari selatan ibu kota, adalah salah satu situs arkeologi terpenting di Dunia, yang ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1970an.

Meskipun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mengidentifikasi siapa yang dimakamkan di sana, para ahli percaya bahwa mumi itu adalah pendeta dan pejabat yang pernah menyucikan kuburan luas itu.

Penemuan Sarkofagus yang tersegel, beberapa di antaranya masih mempertahankan warna hiasan aslinya meskipun telah berjalan lama.

Hal ini adalah salah satu penemuan arkeologi paling signifikan dalam beberapa dekade.

Zahi Hawass, ahli Mesir Kuno dan mantan menteri urusan barang antik Mesir mengatakan penemuan bersejarah ini adalah suatu terpenting yang terjadi pada tahun ini.

"Penemuan ini akan menyebar ke seluruh dunia karena ini adalah penemuan terpenting yang terjadi di Mesir pada tahun 2020," kata Zahi Hawass.

Situs itu telah menghasilkan beberapa penemuan luar biasa, termasuk batu kapur dan peti mati kayu, kuburan kucing besar, dan koleksi langka kumbang scarab yang dimumikan.

"Kami mengira hanya ada mumi hewan, seperti kucing, buaya, ular, dan singa," kata Dr. Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Tertinggi Purbakala Mesir.

Tim arkeolognya tercengang ketika mereka menemukan peti mati pertama yang tertutup dari lubang kuburan sedalam 11 meter.

“Saya menemukan puing dan tumpukan besar, dalam hati, saya merasakan sesuatu dan berkata 'ini adalah tempat yang harus mereka mulai gali',” kata Waziri.

Saat tim menyaring ratusan meter kubik bumi, firasatnya segera terbukti benar, bahwa di tempat tersebut ada peti kuno yang terkubur sedalam 11 meter.

“Kami menemukan kuburan paling terkenal dari hewan suci, termasuk mumi buaya, ular, scarab, anak singa, luwak, dan elang. Sungguh menakjubkan menemukan ratusan hewan dan burung mumi itu,” katanya.

Penemuan Saqqara hanyalah yang terbaru dari serangkaian penemuan arkeologi penting yang berusaha dipublikasikan oleh Mesir.

"Kami belum memiliki kesempatan untuk mengumumkan penemuan sejak Maret karena pembatasan Sosial, tetapi kami telah berjuang melawan kondisi seperti itu dan telah bekerja lebih keras sejak Agustus untuk menggali dan mengungkap lebih banyak rahasia peradaban besar ini." kata El-Anany.***

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Artikel Aktual