post image
Irawati Hermawan terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unpad periode 2020-2024
KOMENTAR

Setelah beberapa waktu ditunda karena pandemi covid-19, Pemilihan Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) akhirnya rampung.

Dalam Musyawarah Besar (Mubes) IKA Unpad yang diselenggarakan di Hotel Banana Inn, Jalan Setiabudi, Bandung, pada Minggu, 13 September 2020 siang, Irawati Hermawan akhirnya memenangi dan terpilih sebagai Ketua Umum IKA Unpad periode 2020-2024.

Alumnus Fakultas Hukum Unpad pendiri dan Managing Partner Kantor Hukum Hermawan Juniarto itu menyisihkan lima kandidat lain, yakni Tatan Pria Sudjana, Tasdiyanto, Ary Zulfikar, Hadiyanto, dan Ferry Kurnia Rizkiyansyah. Mubes IKA Unpad yang diselenggarakan bersamaan dengan ulang tahun ke-63 Unpad dihadiri 17 Komisariat Fakultas dan 19 Komisariat Daerah.

Sebelum memilih calon ketua umum, peserta Mubes Ika Unpad lebih dahulu menentukan metode pemberian suara. Secara umum ada dua pandangan yang berkembang. Pertama pemberian suara secara langsung oleh alumni, dan kedua pemberian suara melalui perwakilan mengingat situasi pandemi yang belum dapat diperkirakan akan berakhir sampai kapan.

Di antara dua aternatif itu, juga sempat berkembang usul agar pemberian suara dilakukan dengan sistem e-voting. Namun wacana ini tenggelam dengan sendirinya karena disadari ada begitu banyak ketidaksiapan baik yang terkait dengan data base, teknik pemungutan suara, penghitungan suara, dan hal-hal teknis lainnya.

Dalam pemilihan mengenai metode pemberian suara, sebanyak 25 peserta menyepakati pemberian suara melalui perwakilan, dalam hal ini peserta Mubes IKA Unpad.

Sementara 11 lainnnya memilih pemberian suara melalui pemilihan langsung yang diikuti alumni. Setelah metode pemberian suara melalui pewakilan mendapat suara terbanyak, dua kandidat memilih mengundurkan diri.

Keduanya adalah Ary Zulfikar dan Ferry Kurnia. Ary Zulfikar selama ini mengklaim diri sebagai calon independen. Dengan demikian dia telah memperkirakan dirinya tidak akan mendapatkan dukungan bila pemberian suara dilakukan langsung di arena Mubes Ika Unpad.

Irawati Hermawan dikenal sebagai pengacara dengan spesialisasi di bidang infrastruktur. Istri dari Bagus Karyanegara ini adalah pengacara pertama yang berhasil mentransaksikan proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di sektor infrastruktur.

Setelah berhasil mentransaksikan proyek air minum Tangerang, Irawati melakukan hal serupa untuk sejumlah proyek mercusuar lain seperti MRT Jakarta dan Palapa Ring Indonesia.

Bersama wartawan senior Teguh Santosa, Irawati Hermawan mendirikan portal alumni Unpad, Unpaders.id. Media yang dipimpin Oky Syeiful Harahap ini menjadi wahana yang mengumpulkan potensi alumni Unpad di berbagai bidang, termasuk UMKM.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual