post image
Universitas Padjadjaran kampus Dipatiukur.
KOMENTAR

Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk dalam 10 besar peringkat kemahasiswaan perguruan tinggi tingkat nasional nonvokasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kamis, 28 Agustus 2020 lalu. Pada tahun ini, Unpad meraih peringkat ke-9.

Direktur Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad Dr. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam mengatakan, peringkat kemahasiswaan tahun ini meningkat signifikan dari peringkat tahun sebelumnya, yaitu 23 – 24. Peringkat ini diperoleh berdasarkan hasil penilaian dokumen yang sudah diunggah pada Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan.

“Alhamdulillah ada peningkatan tahun kemarin, dengan adanya kerja sama dari seluruh fakultas, prodi, dan para mahasiswa,” ujar Boy saat dikonfirmasi Kantor Komunikasi Publik Unpad, Selasa, 1 September 2020, sebagaimana dikutip dari situs resmi Unpad.

Boy menjelaskan, untuk capaian di bidang kemahasiswaan, Unpad memiliki banyak prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswanya. Karena itu, tim  Direktorat mengumpulkan data prestasi di setiap BEM, Unit Kegiatan Mahasiswan, hingga Himpunan Mahasiswa dalam satu tahun terakhir. Lebih dari 1.000 data prestasi berhasil dikumpulkan.

Selain prestasi, penilaian juga dilakukan terhadap data kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, kegiatan berbasis akademik, rekognisi keikutsertaan mahasiswa dalam konferensi nasional maupun internasional, hingga beragam regulasi terkait akademik dan kemahasiswaan oleh universitas.

Boy menjelaskan, berdasarkan penilaian peringkat kemahasiswaan tersebut, ada beberapa catatan yang mesti ditingkatkan. Catatan tersebut adalah peningkatan partisipasi mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa, peningkatan jumlah buku yang ditulis oleh mahasiswa, peningkatan rekognisi internasional, serta peningkatan kesempatan Unpad sebagai tuan rumah dari berbagai kegiatan berskala nasional.

“Insyaallah kita coba rencanakan di tahun ini. Kita sudah buat roadmap-nya,” kata Boy.

Pemeringkatan bidang kemahasiswaan ini dipandang penting sebagai parameter kreativitas dan prestasi mahasiswa di perguruan tinggi. Boy pun berharap, mahasiswa Unpad dapat terus meningkatkan kreativitas dan prestasi.

“Terus berprestasi, terus bekerja sama, dan tetap jaga kesehatan pada masa pandemi Covid-19.” kata Boy.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Baca Juga

Artikel Aktual