post image
Ira Mirawati. /Kumparan
KOMENTAR

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Padjadjaran (Unpad), viral setelah mengunggah konten di TikTok. Ira Mirawati yang merupakan dosen Manajemen Komunikasi ini membuat konten yang kocak hingga menarik perhatian netizen, terutama kalangan mahasiswa.

Bukan kali pertama, rupanya Ira memang kerap mengunggah video kocak di TikTok. Tentunya aksi Ira ini bukanlah tanpa alasan. Ira mengatakan, konten yang ia buat di TikTok merupakan bentuk peduli terhadap persoalan-persoalan di kalangan remaja. Selain itu, Ira pun mengampanyekan layanan curhat online dari Fikom Unpad, yakni sobatmu.com.

“Kami concern terhadap masalah remaja di Indonesia dan berupaya memberikan solusinya, terutama masalah-masalah yang memerlukan pendekatan komunikasi dalam penyelesainnya,” terang Ira kepada Kumparan, Rabu (12/8).

Tak dapat disangkal bahwa saat ini pengguna TikTok sebagian besarnya adalah kalangan anak muda. Oleh sebab itu, Ira berpendapat bahwa TikTok merupakan media yang tepat untuk mengirim pesan kepada para remaja.

Selain itu, Ira mengungkapkan bahwa dirinya senang bercanda. Melihat para remaja yang juga tertarik dengan konten-konten jenaka, Ira pun berinisiatif membuat video dengan sentuhan humor.

“Sebenarnya saya orangnya memang senang bercanda. Saya memperhatikan kalau remaja tertarik pada video-video yang ada sentuhan humornya, maka saya buat konten yang pesannya sampai tapi ada lucunya sedikit-sedikit” jelas Ira.

Beberapa konten video yang dibuat Ira membicarakan seputar masalah mahasiswa, cara mengontak dosen, fakta tentang dosen pembimbing skripsi, dan lain-lain. Hingga artikel ini dibuat, Ira dengan nama pengguna @buiramira telah mengumpulkan 27 ribu pengikut di TikTok.

Meski baru menggunakan TikTok selama satu bulan, dosen berusia 38 tahun ini sudah mendapat banyak respons dari mahasiswa dan warganet secara umum. Bahkan, Ira mengaku kerap diberi saran oleh para mahasiswanya terkait konten yang ingin ia buat.

“Alhamdulillah respons dari mahasiswa saya sangat banyak. Saya tahunya kalau viral juga karena dikabari mahasiswa. Terkadang mereka juga memberikan masukan tentang tema apa yang baiknya diangkat. Rekan-rekan saya juga alhamdulillah mendukung,” ucap Ira.

Setelah viral, jumlah penonton, komentar, dan like yang diperoleh Ira semakin meningkat. Tak main-main, jumlah penonton video TikTok yang Ira buat telah mencapai ratusan ribu hingga 1 juta penonton.

Video-video yang Ira unggah di TikTok pun mulai memperlihatkan hasil. Menuru Ira, jumlah remaja yang curhat ke sobatmu.com semakin meningkat. Adapun sobatmu.com adalah layanan konsultasi gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat umum sebagai bentuk pengabdian para dosen Fikom Unpad.

KOMENTAR ANDA

Irawati Hermawan: Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sangat Layak Jadi Pahlawan Nasional

Sebelumnya

Menlu Retno: Bagi Saya Prof. Mochtar Kusumaatmadja Sudah Seorang Pahlawan

Berikutnya

Artikel Aktual